Ribuan pendukung SBY duduki DPR

Ribuan pendukung SBY duduki DPR

    Jakarta-- Ribuan orang dari berbagai elemen pendukung Presiden Susilo Bambang Yudhoyono  (SBY) yang terhimpun dalam Komite Nasional Masyarakat Indonesia (KNMI) menggelar aksi unjuk rasa di depan Gedung DPR Jakarta, Rabu (3/2).

    Mereka berunjuk rasa untuk mendukung pemerintahan saat ini untuk terus menjalankan program kerjanya. Kepada pers di sela-sela aksi itu, Wasekjen bidang Politik dan Hubungan Antarlembaga KNMI Rocky Amu, menegaskan bahwa saat ini para pendukung pasangan SBY-Boediono menahan diri agar tidak terpancing berbagai gerakan delegitimasi pemerintah yang dilakukan kelompok-kelompok massa lainnya.

    "Sekarang ini merupakan momentum awal bagi bangkitnya segenap elemen masyarakat pendukung SBY untuk menghadapi setiap fitnah yang dilontarkan kelompok massa lainnya," ujar Amu.

    Selain memberikan dukungan moral kepada pemerintahan saat ini, aksi-aksi yang akan digelar KNMI dan ormas pendukung SBY lainnya itu juga untuk menunjukkan soliditas mereka kepada pihak lainnya.

    Dikemukakannya bahwa berbagai elemen masyarakat dan relawan pendukung SBY-Boediono saat Pilpres 2009 lalu telah melihat adanya gejala-gejala yang memprihatinkan bagi keutuhan bangsa Indonesia yang dilakukan oleh segelintir elite masyarakat.

    "Maksud dan tujuan kelompok-kelompok itu jelas menodai kehidupan berdemokrasi sehingga bisa menimbulkan krisis konstitusi dan kepercayaan masyarakat serta eksistensi demokrasi maupun konstitusi NKRI," ujar Rocky.

    Segelintir politisi dan eksponen masyarakat tertentu, ujarnya lagi, dinilai KNMI dan ormas pendukung SBY lainnya telah mencoba mendelegitimasi hasil pilpres 2009 melalui sejumlah cara, diantaranya dengan menyebarkan berita bohong, membesar-besarkan masalah dan disinformasi kepada masyarakat dengan tujuan mendiskreditkan hasil pemilu 2009.

    Padahal hasil pemilu itu sudah sah dan didukung mayoritas rakyat Indonesia atau legitimate.

    Oleh karena itu, ujar dia, KNMI terpanggil untuk menegakkan konstitusi dan mengamankan proses demokrasi yang sudah dicapai bangsa Indonesia dengan susah payah.

    KNMI merupakan wadah berhimpunnya 79 ormas dan LSM serta elemen masyarakat relawan pendukung SBY-Boediono dalam Pilpres 2009 lalu. Organisasi itu dipimpin oleh Mayjen (Purn) Djali Yusuf, salah satu orang terdekat Presiden Yudhoyono.

    Selain berunjuk rasa di depan Gedung DPR, mereka juga berencana menggelar aksi serupa di depan Istana Merdeka dengan tuntutan yang sama.

    Guna mengawal aksi unjuk rasa itu, ratusan aparat kepolisian tampak berjaga-jaga dan sebanyak empat kendaraan water canon Polri juga disiagakan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak dikehendaki.

    ant/isw



    Editor : Indah Septiyaning Wardani

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.