SERTIFIKAT BPN : Urus Sertifikat Tanah di Surabaya Tak Sampai Satu Jam, Bisakah?

SERTIFIKAT BPN : Urus Sertifikat Tanah di Surabaya Tak Sampai Satu Jam, Bisakah? Ilustrasi sertifkat (tanda bukti hak) atas tanah. (JIBI/Solopos/Dok.)

    Sertifikat BPN Surabaya bisa dilakukan sendiri hanya dalam waktu satu jam.

    Madiunpos.com, SURABAYA – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Surabaya II terus menelurkan inovasi pelayanan bagi masyarakat. Di bulan penuh berkah ini, BPN Surabaya II meluncurkan program Takjil Ramadan.

    Takjil Ramadan ini bukan sekedar memberikan takjil kepada pengendara yang melintas di Jalan Tunjungan, Surabaya. Tapi juga memberikan pelayanan kepada masyarakat mengurus berkas-berkas pertanahannya.

    "Di bulan Ramadan ini kami ingin berbagi ke sesama. Ramadan ini juga bulan berkas," ujar Kasi Hak Tanah dan Pendaftaran Tanah BPN Surabaya II Lampri di sela acara buka bersama dengan anak yatim piatu dan dhuafa di eks kantor BPN Surabaya, Jalan Tunjungan, Surabaya, Rabu (1/7/20015).

    Ia menerangkan, layanan Takjil Ramadan ini merupakan yang pertama kali digelar di BPN Surabaya II. Lampri menambahkan, layanan Takjil Ramadhan ini mengganti program car free day.

    "Pelayanan ini enggak sampai sehari sudah selesai. ya sekitar 70 menit sudah selesai. Layanan ini juga memberikan informasi, konsultasi bagi masyarakat. Serta menerima pendaftaran peningkatan hak," terangnya.

    "Takjil Ramadan ini hanya berlangsung selama Ramadan. Nanti selesai Ramadan, kami akan mencari inovasi layanan lainnya sesuai dengan bulan, event dan tema lainnya," jelasnya.

    Program Takjil Ramadan ini mendapatkan apresiasi dari Kepala Kantor Wilayah BPN Jawa Timur Mochtar Deluma. Bahkan Mochtar mengakui bahwa BPN Surabaya II banyak menelurkan inovasi-inovasi pelayanan bagi masyarakat seperti Lantum (layanan tujuh menit), Delivery service, car free day, yang patut ditiru oleh BPN lainnya di Jawa Timur, bahkan se-Indonesia.

    "Ide inovasi pelayanan memang paling banyak di BPN Surabaya II. Saran pak menteri [Menteri ATR/Kepala BPN Ferry Mursyidan Baldan] agar ditiru BPN lainnnya di Jatim bahkan se-Indonesia," ujarnya.

    Dalam acara buka bersama tadi, Kakanwil BPN Jatim menyerahkan sertifikat peningkatan dari HGB menjadi SHM ke Tan Diam Hok warga Prapen, Tenggilis, Surabaya dan Kuncowati warga Keputih, Sukolilo. Pelayanan pengurusan sertifikat peningkatan hak itu tak sampai memakan waktu sehari. Hanya lebih dari satu jam, masyarakat sudah bisa menerima sertifikat.

    "Tolong disampaikan ke teman-teman bapak ibu dan masyarakat lainnya, bahwa pengurusan sertifikat tidak susah," kata Mochtar saat penyerahan sertifikat.

    "Memang cepat pak pelayananannya, enggak sampai sehari sudah selesai," kata Tan Diam Hok.

    Hal senada juga disampaikan Kuncowati. "Kami mengucapkan terima kasih atas pelayanan BPN Surabaya II. Pelayanannya memang cepat," jelasnya.



    Editor : Aries Susanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.