STAR WARS THE FORCE AWAKENS : Wah, Boneka Star Wars Berlisensi Disney dan Lucasfilm Dibikin di Malang!

STAR WARS THE FORCE AWAKENS : Wah, Boneka Star Wars Berlisensi Disney dan Lucasfilm Dibikin di Malang! President Director Istana Boneka Susan Soewono menunjukkan boneka Star Wars di gerainya, di Malang, Jumat (18/12/2015). (Choirul Anam/JIBI/Bisnis)

    Star Wars The Force Awakens memesona seluruh dunia, siapa sangka boneka resmi film itu dibikin di Malang, Jawa Timur?

    Madiunpos.com, MALANG – Demam Star Wars melanda dunia seiring diputarnya Star Wars The Force Awakens secara serentak di bioskop-bioskop seluruh penjuru Planet Bumi. Siapa sangka boneka resmi film yang tengah memesonakan dunia itu dibikin juga di Malang, Jawa Timur?

    Adalah Istana Boneka, produsen boneka premium di Malang, Jawa Timur, yang memperoleh lisensi dari Disney dan Lucasfilm untuk memproduksi boneka Star Wars The Force Awakens tersebut. President Director Istana Boneka Susan Soewono mengatakan, lisensi itu sebenarnya diperoleh tahun 2014 lalu, namun produksi boneka Star Wars di Malang baru dilakukan pada akhir tahun 2015 ini.

    “Untuk memperoleh lisensi tersebut tidak mudah. Selain membutuhkan waktu yang panjang, juga butuh biaya yang tidak sedikit,” ujar Susan di Malang, Jumat (18/12/2015).

    Royalti yang harus dibayar ke Disney dan Lucasfilm terkait merchandise Star Wars The Force Awakens itu mencapai 10% dari total omset. Itu pun dengan catatan mencapai jumlah produksi tertentu.

    Karena itulah, kata Susan, mendapatkan lisensi dari Disney dan Lucasfilm untuk memproduksi boneka Star Wars perlu diperjuangkan dengan gigih, meski biayanya tidak murah dan butuh waktu yang lama. Demi mendapatkan lisensi tersebut, pihaknya perlu melobi Disney dan Lucasfilm selama sembilan bulan sehingga dipercaya memproduksi boneka dari tokoh-tokoh film tersebut.

    Langkah tersebut harus dilakukan karena selain untuk keamanan dalam berbisnis juga memberikan teladan bagi usaha kreatif lain di Indonesia bahwa memproduksi barang secara legal ternyata bisa dan tetap berpeluang untung besar.

    Di-launching di Jakarta
    Produk boneka Star Wars The Force Awakens bikinan Istana Boneka mulai di-launching di Mall Senayan City, Jakarta, dalam ajang pameran Star Wars pada 5 Desember 2015 dan mendapat tanggapan positif dari masyarakat. Istana Boneka sendiri memproduksi boneka dengan range harga mulai dari Rp33.000 hingga Rp250.000 dengan size 6”–12”. Sedangkan produk yang collectable, dengan ukuran yang tersedia adalah 35”–70”.

    "Kami juga diminta sinema Grup 21 untuk membuka gerai boneka Star Wars saat filmnya diluncurkan pada 18 Desember 2015. Kami juga diminta membuka gerai di toko-toko modern seperti Hypermart dan Lottemart," katanya.

    Menurut Susan, respons pasar terhadap produk boneka Istana Boneka seri Star Wars cukup bagus. Karena film tersebut banyak penggemarnya di Indonesia.



    Editor : Rahmat Wibisono

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.