Tahun Depan, Tiap Kelurahan di Surabaya Dapat Anggaran Rp3,5 Miliar

Pemkot Surabaya mengalokasikan Rp576 miliar untuk anggaran kelurahan.

Tahun Depan, Tiap Kelurahan di Surabaya Dapat Anggaran Rp3,5 Miliar Ilustrasi (Dok/JIBI/Harian Jogja)

    Madiunpos.com, SURABAYA -- Pemerintah Kota Surabaya mengalokasikan anggaran kelurahan senilai Rp576 miliar dalam APBD 2020. Anggaran sebanyak itu akan dibagikan kepada 154 kelurahan.

    Artinya, setiap kelurahan akan menerima Rp3,5 miliar-Rp4 miliar. Jika dibagi lagi hingga tingkat RW, maka masing masing RW akan mendapat Rp300 juta-Rp400 juta.

    Total anggaran kelurahan itu nilainya 5 persen dari total APBD Kota Surabaya yang nilainya mencapai Rp10,3 triliun.

    Mengingat besarnya anggaran yang akan digelontorkan, Ketua DPRD Kota Surabaya, Adi Sutarwijono, meminta pengurus rukun tetangga (RT) dan rukun warga (RW) untuk mengoptimalkan penggunaan dana tersebut. Mereka bisa memanfaatkan musyawarah perencanaan pembangunan tingkat kelurahan (musrenbangkel) untuk mengajukan usulan pembangunan.

    "Plot anggaran kelurahan harus melalui rembuk pengurus kampung dan lurah, dalam forum musrenbang kelurahan. Maka, saran saya, manfaatkan forum musrenbang untuk usul pembangunan yang menjadi aspirasi warga," kata Adi di Surabaya, Selasa (31/12/2019) seperti dikutip Antara.

    Ketua DPC PDI Perjuangan Surabaya ini juga kembali mengingatkan pada tahun 2020, honor Ketua RT, Ketua RW dan Ketua LPMK di Kota Surabaya bakal naik Rp100.000/bulan. Untuk honor Ketua RT menjadi Rp500.000/bulan, Ketua RW Rp600.000/bulan dan Ketua LPMK Rp700.000/bulan.

    "Itu sudah disepakati DPRD bersama Wali Kota Bu Risma [Tri Rismaharini] dalam pengesahan APBD Surabaya 2020 pada 10 November 2019," kata Adi.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.