Tarif Tes GeNose di Stasiun Naik Rp30.000 Mulai 20 Maret

Tarif pemeriksaan GeNose C19 di stasiun mengalami kenaikan Rp10.000 atau kini menjadi Rp30.000.

Tarif Tes GeNose di Stasiun Naik Rp30.000 Mulai 20 Maret Seorang calon penumpang sedang meniup kantong udara untuk sampel pemeriksaan GeNose C19, Munggu (28/2/2021). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Tarif pemeriksaan GeNose C19 di stasiun mengalami kenaikan Rp10.000 atau kini menjadi Rp30.000. Sebelumnya tarif pemeriksaan GeNose C19 di stasiun hanya seharga Rp20.000.

    Hasil GeNose C19 negatif menjadi syarat wajib bagi penumpang yang akan naik kereta api jarak jauh.

    Manejer Humas PT KAI Daops VII Madiun, Ixfan Hendriwintoko, mengatakan tarif pemeriksaan GeNose C19 di stasiun mengalami penyesuaian terhitung mulai Sabtu (20/3/2021). PT KAI telah menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19 sejak sebulan lalu dengan tarif khusus Rp20.000.

    Jumlah Kasus Aktif Covid-19 di Ponorogo Terbanyak Ketiga Se-Jatim

    “Setelah satu bulan lebih diterapkan tarif pre-launching sebesar Rp20.000, maka mulai 20 Maret 2021, tarif pemeriksaan GeNose C19 di stasiun adalah Rp30.000,” jelas dia, Jumat (19/3/2021).

    Dia menuturkan KAI menambah pelayanan pemeriksaan GeNose C19 di stasiun. Mulai Sabtu besok, ada penambahan stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19 ini. Enam stasiun di antaranya merupakan kerja sama antara KAI dengan Farmalab, yakni Stasiun Bekasi, Kiaracondong, Cirebon, Prujakan, Tegal, Kutoarjo, dan Lempuyangan.

    Sedangkan tiga stasiun lainnya yang merupakan kerja sama KAI dengan Rajawali Nusindo, yakni Stasiun Semarang Poncol, Jombang, dan Sidoarjo.

    “Ada tambahan sembilan stasiun yang melayani pemeriksaan GeNose C19. Satu di antaranya di wilayah kami, Stasiun Jombang. Jadi, di wilayah Daops Madiun ada dua stasiun yang melayani GeNose C19, Stasiun Madiun dan Stasiun Jombang,” terang dia.

    Jembatan Ngunut Magetan Putus, Khofifah Sebut Perbaikan Butuh 4 Bulan

    Dengan penambahan sembilan stasiun ini, sehingga total yang melayani pemeriksaan GeNose C19 ada 23 stasiun. Stasiun yang lebih dahulu menyediakan layanan pemeriksaan GeNose C19 ini adalah Stasiun Pasar Senen, Gambir, Bandung, Cirebon, Semarang Tawang, Purwokerto, Yogyakarta, Solo Balapan, Madiun, Surabaya Pasarturi, Surabaya Gubeng, Malang, Jember, dan Ketapang.

    Lebih lanjut, Ixfan menyampaikan nantinya pemeriksaan GeNose C19 di stasiun nantinya akan terintegrasi dengn ticketing system KAI. Sehingga hasil pemeriksaan GeNose C19 penumpang tersebut akan otomatis muncul pada layar boarding petugas. Saat ini fitur tersebut sedang dalam tahap finalisasi.

    “Hasil pemeriksaan GeNose C19 di stasiun tersebut bisa dipakai untuk keberangkatan di seluruh stasiun yang melayanai perjalanan KA jarak jauh. Untuk dapat melakukan pemeriksaan GeNose C19 di stasoun, calon penumpang harus memiliki tiket atau kode booking KA jarak jauh yang sudah lunas. Serta tidak makan, merokok, minum kecuali air putih, selama tiga puluh menit sebelum melaksanakan tes,” terang dia.



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.