TIPS UJIAN NASIONAL : Ssstt...Siswa Ini Bocorkan Trik Menghafal Rumus yang Rumit

TIPS UJIAN NASIONAL : Ssstt...Siswa Ini Bocorkan Trik Menghafal Rumus yang Rumit Foto ilustrasi

    Tips Ujian Nasional (UN) kali ini tentang taktik menghafal rumus pelajaran yang rumit menjadi sangat mudah dan menyenangkan. Penasaran?

    Madiunpos.com, NGAWI – Anda pasti pernah menghadapi momok menakutkan berupa rumus-rumus pelajaran yang njlimet. Tak jarang, gara-gara rumus yang rumit inilah sebagian pelajar akhirnya menyerah.

    Salah seorang siswa SMA Negeri 1 Ngawi, Dicky, membocorkan rahasia cara mudah menghafal rumus rumit menjadi sangat mudah dan menyenangkan. Siswa kelas akhir ini berharap, trik yang ia tularkan itu setidaknya bisa membantu siswa-siswa SLTA lainnya dalam menghadapi Ujian Nasional (UN).

    Pertama, salinlah rumus yang jlimet dan susah itu ke selembar kertas sebaik mungkin. Usahakan, penyalinan rumus dibuat semenarik mungkin, bisa dengan memakai tinta warna, memakai garis, atau ilustrasi yang menarik.

    Langkah berikutnya ialah memanfaatkan gadget, seperti handphone atau tablet yang minimal bisa untuk memotret. Nah, salinan rumus yang dibuat semenarik mungkin itu, selanjutnya difoto memakai gadget itu. Hasil fotonya, jadikanlah wall paper handphone Anda.

    Dengan cara ini, Anda tak lagi melihat rumus menjadi beban. Setidaknya kemana pun Anda pergi, maka rumus itu akan menemani Anda dengan tampilan yang menyenangkan. Sebab, handphone sebagai alat vital selalu dalam gendangaman Anda setiap waktu.

    “Dengan display wall paper, rumus bisa gampang kita lihat dan kita hafal. Ketika salah satu sudah hafal, ganti rumus yang baru lagi dan seterusnya,” tambah Dicky.

    Meski demikian, sambung Dicky, bukan berarti para pelajar lantas meninggalkan aktivitas belajar menjelang UN. Dicky yang mengaku aktif mengikuti lembaga bimbingan belajar di Ganesha Operation (GO) ini juga mempersiapkan fisik dengan olahraga, serta memantapkan mental dengan mendekatkan diri dengan Tuhan.

    “Saya biasanya menjelang Ujian Nasional itu belajarnya mulainya malah malam, dari jam 22.00 WIB sampai jam 24.00 WIB karena suasana jam segitu hening jadi lebih konsentrasi,” ujar Dicky kepada Madiun Pos, Selasa (17/03/2015). (Geddy P/JIBI/Madiun Pos)



    Editor : Aries Susanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.