Trend Tie Dye Sedang Nge-hits, Begini Tips Mencuci Kaos Tie Dye Kalian Agar Tetap Awet

Mencuci kaus tie dye tidak boleh sembarangan jika tidak ingin warnanya rusak.

Trend Tie Dye Sedang Nge-hits, Begini Tips Mencuci Kaos Tie Dye Kalian Agar Tetap Awet Kaus dan sweater berpola tie dye. (vidogarment.com)

    Madiunpos.com, MADIUN – Trend kaus tie dye kini kembali naik daun. Desain tie dye yang cerah dan penuh warna memanjakan mata. Selain itu, motif satu dengan yang lain berbeda-beda. Itulah mengapa timbul kesan eksklusif kaos tie dye yang digunakan.

    Arti dari tie dye sendiri di dalam bahasa Indonesia artinya ikat (tie) dan celup dalam pewarna (dye). Tie dye sendiri memang salah satu teknik mewarnai kain yang sebenarnya sudah cukup lama dipraktikkan. Teknik tie dye ini membutuhkan bantuan pengikat kain yang biasanya menggunakan bantuan seperti karet.

    Agar warna kaus tie dye kalian tidak cepat luntur dan menghilang, maka wajib mempraktikkan cara mencuci kaus tie dye yang benar. Berikut tips mencuci kaus tie dye seperti dikutip dari detik.com, Selasa (22/9/2020).

    Jangan Dibuang, Begini Cara Manfaatkan Make Up Kedaluarsa

    1. Pisahkan dari pakaian lain

    Cara mencuci kaus tie dye yang pertama yaitu dengan memisahkan kaos dengan pakaian lain. Sebab, pewarna yang lekat di kaos tie dye berpotensi luntur dan bisa menimbulkan pakaian lain kelunturan. Begitu juga sebaliknya, bisa saja kaos tie dye yang dicuci justru kelunturan dengan pakaian lain dan membuat warna dari kaos tie dye menjadi rusak.

    2. Cuci secara manual

    Untuk menghindari rusaknya kain kaus, sebaiknya cuci kaus tie dye menggunakan tangan. Sebab penggunaan mesin cuci menjadikan penggunaan deterjen menjadi tidak terkontrol. Padahal deterjen yang digunakan tersebut bisa saja berpotensi untuk membuat pewarna pada kaus menjadi luntur dan lama-kelamaan menghilang.

    Lemon, Cara Alami Cegah Jerawat pada Kulit Berminyak

    3. Jangan kucek dan peras terlalu keras

    Selain bisa merusak serat kain pada kaos, mengucek dan memeras air yang masih ada di kaus tie dye terlalu keras bisa menyebabkan pewarna yang menempel justru luntur. Maka dari itu, agar warna tidak mengalami luntur, cukup cuci dengan dicelup lalu angkat secara berulang.

    4. Bersihkan noda dengan sikat halus

    Apabila ada noda membandel yang sulit dihilangkan hanya dengan mencelup kaus, maka ada baiknya membersihkan noda tersebut dengan sikat halus. Untuk menggosoknya tidak perlu terlalu keras dan bertenaga agar tak merusak serat kaus dan berpotensi membuat kaus menjadi sobek.

    Ini Dia 5 Makanan Sehat yang Bikin Warga Jepang Panjang Umur

    5. Jangan dijemur di bawah sinar matahari langsung

    Tahap ini menjadi tahap terakhir dalam cara mencuci kaus tie dye. Mengapa jangan jemur langsung di bawah sinar matahari? Sebab panasnya matahari bisa menyebabkan warna menjadi rusak dan semakin pudar.

     



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.