Uang Koin Rp500 Ini Dijual Jutaan Rupiah, Apa Benar Ada Emasnya?

Uang koin Rp500 emisi 1992 dijual di market place hingga ratusan juta rupiah.

Uang Koin Rp500 Ini Dijual Jutaan Rupiah, Apa Benar Ada Emasnya? Uang koin Rp500 emisi 1992. (Instagram/@topinfo.ig)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Selain menjadi alat pembayaran yang sah, uang bisa juga dijadikan sebagai barang koleksi yang nilainya bisa berkali-kali lipat dari nilai aslinya. Uang yang seperti ini biasanya tidak lagi digunakan sebagai alat pembayaran, usianya tua, dan jumlahnya terbatas.

    Bank Indonesia sudah banyak mengeluarkan mata uang beragam pecahan, mulai dari Rp2,5 sampai Rp100.000. Namun ada mata uang logam lama yang memiliki nilai yang tinggi, bahkan kalau dijual harganya sangat mahal, yaitu mata uang Rp500 tahun emisi 1992.

    Dikutip dari akun Instagram @topinfo.ig, uang logam dengan gambar bunga melati yang mempunyai warna kuning mengkilat seperti emas ini dijual di platform belanja dengan harga Rp500 juta. Sementara di platform belanja lainnya, uang koin tersebut dijual dengan harga Rp25 juta. Diduga yang membuat uang koin bergambar bunga melati tersebut mahal adalah terbuat dari emas murni. Bahkan pada masanya, beberapa orang membuat uang koin Rp500 bergambar bunga melati ini dibuat sebagai cincin.

    Keluarkan Uang Kemerdekaan Rp75.000, Cara BI Cari Keuntungan?

    Namun dewasa ini banyak masyarakat yang bertanya-tanya, apakah benar bahan yang membuat uang koin ini istimewa dan warna kuningnya terlihat mengkilat ini memang emas? Inilah jawabannya.

    Jika dilihat dari nilainya, uang koin ini memiliki nilai Rp500, artinya biaya pembuatannya pasti kurang dari Rp500. Emas yang mahal jelas tidak memenuhi syarat bahan baku untuk produksi uang tersebut.

    Bukan Emas

    Warna kuning mengkilat seperti emas itu sebenarnya terbuat dari aluminium brown sebagai bahan pembuatan uang Rp500 tersebut. Sifatnya yang tak mudah berubah warna membuat logam ini disangka sebagai emas.

    Dibuat dari Emas 23 Karat, Ini Uang Edisi Khusus Paling Fenomenal

    Jadi uang logam Rp 500 bergambar bunga melati itu tidak ada emasnya. Namun, ternyata Bank Indonesia pernah mengeluarkan uang koin yang mengandung logam mulia berharga fantastis itu. Uang itu hanya dibuat sebagai koleksi Bank Indonesia. Uang keluaran BI yang mengandung emas ini hanya dibuat dalam jumlah terbatas.

    Ada beberapa seri uang logam berbahan emas, di antaranya uang logam seri perjuangan angkatan 45, seri 10 tahun pemimpin RI, seri uang logam bergambar komodo dengan nilai Rp 850.000 dan lain-lain. Bahkan uang-uang koin tersebut ada yang memiliki kandungan emas mencapai 99,99% dan memiliki nilai jual sebagai bahan koleksi sangat tinggi hingga jutaan rupiah.

     



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.