Wali Kota Madiun Tertarik Gunakan JPU Tenaga Surya Rakitan Mahasiwa Unipma

Wali Kota Madiun, Maidi, berminat menggunakan PJU tenaga surya buatan Universitas PGRI Madiun.

Wali Kota Madiun Tertarik Gunakan JPU Tenaga Surya Rakitan Mahasiwa Unipma Seorang mahasiswa Unipma Madiun menunjukkan alat kontroler penerangan jalan tenaga surya bikinan mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektro (PTE) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Unipma, Kamis (27/2/2020). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Wali Kota Madiun, Maidi, tertarik untuk menggunakan penerangan jalan umum (PJU) tenaga surya hasil kreasi dari mahasiswa Universitas PGRI Madiun (Unipma). Pemanfaatan PJU tenaga surya dinilai lebih hemat dan lebih ramah lingkungan.

    "Saya tertarik untuk memanfaatkan PJU tenaga surya. Kalau mereka bisa produksi bagus, kita sewa," kata Maidi seusai melihat hasil kreasi dari mahasiswa Unipma di ruang pertemuan Kecamatan Kartoharjo, Kamis (27/2/2020).

    Dia meminta Unipma supaya membuat lampu penerangan jalan tenaga surya itu dalam jumlah yang banyak. Pemkot Madiun nantinya memanfaatkan produk PJU tenaga surya itu dengan sistem sewa. PJU itu akan dipasang di jalan-jalan di kawasan pinggiran yang belum ada penerangannya. Salah satunya di wilayah Pilangbango.

    PJU Tenaga Surya Bikinan Mahasiswa Unipma Dilirik Pasar

    Menurutnya, pemanfaatan tenaga surya ini lebih hemat dibandingkan menggunakan listrik PLN. Selain itu, dengan sistem sewa juga akan menghemat anggaran daerah.

    "Nanti akan kita sewa. Satu bulan berapa? Satu tahun berapa? Dan nanti perawatan kan ada mereka semua. Itu mungkin lebih bagus dan lebih hemat," jelas Maidi.

    Dia menantang supaya para mahasiswa Unipma bisa serius untuk memproduksi penerangan jalan umum tenaga surya itu secara seriuh. Pemerintah juga akan mengalokasikan anggaran untuk itu.

    Tak Mau Kecolongan, Dinas Pendidikan Kota Madiun Keluarkan SE Waspada Penculikan Anak

    Kepala Prodi Pendidikan Teknik Elektro, Nurulita Imansari, mengatakan akan menerima tantangan dari Wali Kota Maidi. Menurutnya, PJU tenaga surya yang dikreasikan mahasiswa Unipma memang layak untuk digunakan.

    Sebelum dipasarkan, produk PJU tenaga surya ini terlebih dahulu diuji coba di kampus. Tidak hanya Kota Madiun, sebelumnya beberapa daerah seperti Ponorogo, Tulungagung, dan Magetan telah menggunakan hasil karya mahasiswa Unipma itu.

    "Kami tentu siap untuk tawaran yang diberikan Wali Kota," kata dia.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.