WISATA PACITAN : 36 Tim Adu Kreativitas di Festival Rontek 2017

WISATA PACITAN : 36 Tim Adu Kreativitas di Festival Rontek 2017 Seorang peserta mengenakan kostum karnaval dalam Festival Rontek Pacitan 2016. (Dokumen/Madiunpos.com)

    Wisata Pacitan, festival rontek tahun ini diikuti 36 tim dari kecamatan dan desa/kelurahan se-Kecamatan Pacitan.

    Madiunpos.com, PACITAN — Sebanyak 36 tim yang merupakan perwakilan dari 25 desa/kelurahan se-Kecamatan Pacitan dan 11 kecamatan di Kabupaten Pacitan mengikuti agenda tahunan Festival Rontek 2017.

    Agenda akbar kabupaten berjuluk Kota 1001 Goa itu diselenggarakan selama tiga malam, Senin-Rabu (4-6/9/2017). Ketua Panitia Festival Rontek Pacitan 2017, Marwan, mengatakan festival rontek tahun ini dihadiri sejumlah pimpinan kabupaten tetangga.

    Hal ini bertujuan mengenalkan festival rontek kepada kabupaten tetangga dan menjajaki kemungkinan event tahunan ini diikuti peserta dari luar daerah. “Kami ingin seni rontek dan festival ini dikenal luas, tidak hanya lokal namun juga nasional,” kata Marwan, Senin (4/9/2017).

    Menurut dia, gelaran akbar ini akan menjadi salah satu ajang promosi Pacitan yang memiliki potensi wisata luar biasa. Selain itu, perpaduan rampa musik bambu dengan gamelan diharapkan dapat dikenal sebagai kesenian khas Pacitan.

    “Selain dihadiri para bupati kabupaten tetangga, Festival Rontek Pacitan 2017 juga dihadiri para pegiat pariwisata di Jawa Timur,” kata dia yang dikutip Madiunpos.com dari laman resmi Pemkab Pacitan, Selasa (5/9/2017).

    Rute karnaval festival rontek yang diselenggarakan malam ini menempuh jarak sekitar 1 km dengan start titik nol kilometer Pacitan menuju ke Jl. Ahmad Yani dan berakhir di Jl. Jenderal Sudirman timur gedung PLUT.

    Kriteria penilaian peserta festival rontek meliputi gagasan/ide, penggarapan media, kemampuan peraga, dan totalitas penyajian. Dari penilaian tersebut akan diambil lima penyaji terbaik nonranking, tiga penata musik terbaik nonranking, dan satu pelestari budaya.



    Editor : Suharsih

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.