2.959 Orang di Jatim Sudah Divaksin Corona, 115 Tak Lolos Screening

Jubir Satgas Covid-19 Jatim,  Makhyan Jibril,  mengatakan ada 115 nama yang batal divaksin. Ke-115 nama ini sudah memasuki tahap akhir sebelum divaksin, namun tidak lolos screening.

2.959 Orang di Jatim Sudah Divaksin Corona, 115 Tak Lolos Screening Wagub Jatim, Emil Dardak, jadi orang pertama yang divaksin Covid-19 di Jatim. (Detikcom/Faiq Azmi)

    Madiunpos.com, SURABAYA - Proses vaksinasi di Jawa Timur sudah berjalan enam hari. Total ada 2.959 nama yang telah divaksin dan 115 nama batal divaksin.

    "Sejauh ini ada 2.959 nama yang telah divaksin. Dari angka itu, semuanya mayoritas para nakes dan ada beberapa pejabat kemarin yang menjadi percontohan," ujar Jubir Satgas Covid-19 Jatim,  Makhyan Jibril, kepada detikcom, Selasa (19/1/2021).

    Jibril menjelaskan ada 115 nama yang batal divaksin. Ke-115 nama ini sudah memasuki tahap akhir sebelum divaksin, namun tidak lolos screening.

    Waspada! BMKG Sebut Potensi Gelombang Tinggi hingga 4 Meter di Jatim

    "Jadi alasannya saat diberi 16 pertanyaan yang dijawab melalui online lewat sistem Kemenkes RI, mereka yang batal divaksin punya hipertensi, tensi tinggi, tekanan darah tinggi. Ada yang juga ternyata pernah terpapar Covid-19 hingga tidak dianjurkan vaksin," bebernya.

    Selain itu, ada 185 nama yang saat ini masih ditunda proses vaksinasinya.

    "Kalau ditunda, nama yang hendak divaksin ini misal punya diabetes, tapi masih bisa dikontrol. Dalam tahapan ini, vaksinasi biasanya ditunda, agar yang bersangkutan mengontrol diabetesnya. Bisa juga karena hipertensi, seperti contoh di Grahadi kemarin Dirut Rumkital ditunda vaksinasinya karena tekanan darahnya tinggi," terangnya.

    Viral dan Bikin Heboh! Sejoli Mesum di Ranu Grati Pasuruan

     

    Registrasi Ulang

    Untuk tahap pertama vaksinasi di Jatim sendiri, lanjut Jibril, ada 187.611 sasaran nakes yang akan divaksin. Sejauh ini, 38.945 telah meregistrasi ulang dan menyetujui divaksin. Lalu ada 1.829 nama yang registrasi ulang menolak divaksin karena berbagai alasan.

    "Jadi menolak registrasi ulang ini artinya, seseorang itu memang punya komorbid yang tidak dianjurkan untuk divaksin. Dari pada mereka registrasi ulang, saat di-screening ternyata tidak lolos atau batal divaksin. Seperti 115 nama yang batal divaksin. Jadi sudah ada pedomannya dari Kemenkes RI apa saja yang membuat seseorang tidak bisa divaksin, salah satunya komorbid mereka," ungkapnya.

    Covid-19 Gejala Ringan, Begini Tips Tetap Aman Isolasi Mandiri di Rumah

    Jibril menambahkan saat ini belum menemukan nakes yang menolak divaksin di luar alasan komorbid atau terpapar Covid-19.

    "Belum ada kabar itu sejauh ini. Adanya batal vaksin karena tidak lolos screening, dan menolak registrasi karena memang punya komorbid atau sudah terpapar," pungkasnya.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.