2017, Semen Indonesia Targetkan Penjualan 15,4 Juta Ton

2017, Semen Indonesia Targetkan Penjualan 15,4 Juta Ton General Manager PT Semen Indonesia, Bambang Djoko Sulistyo, (dua dari kanan) melaunching aplikasi Forca ERP di kantor distributor Semen Indonesia wilayah Madiun, Jumat (13/1/2017). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

    PT Semen Indonesia menargetkan penjualan semen tahun 2017 sebanyak 15,4 juta ton.

    Madiunpos.com, MADIUN — Target penjualan PT Semen Indonesia di pasar domestik pada tahun 2017 mencapai 15.416.000 ton. Target penjualan ini naik 10,5% dibandingkan tahun 2016 yang mencapai 13 juta ton.

    General Manager PT Semen Indonesia, Bambang Djoko Sulistyo, mengatakan target penjualan pada 2016 PT Semen Indonesia hanya 95%. Namun, dia optimistis target penjualan semen pada tahun 2017 bisa tercapai.

    Dia mengatakan pangsa pasar Semen Indonesia mencapai 22,7% di tingkat nasional. Sedangkan di pulau Jawa pangsa pasarnya mencapai 87%. Menurut dia, saat ini Semen Indonesia masih menjadi leading market di pasar nasional. Dia menyebut PT Semen Indonesia memiliki tiga perusahaan produksi semen yaitu Semen Gresik, Semen Padang, dan Semen Tonasa.

    “Tahun 2016 target hanya tercapai 95% karena saat itu kondisi perekonomian Indonesia menurun khususnya pada bulan Februari,” kata Bambang di acara launching software Forca Enterprise Resource Planning (ERP) di Kantor Distributor Semen Indonesia wilayah Madiun, Jumat (13/1/2017).

    Lebih lanjut, dia menuturkan untuk ekspor tahun-tahun sebelumnya memang masih kecil. Hal ini karena selama ini kapasitas produksi di PT Semen Indonesia hanya mencukupi untuk kebutuhan domestik saja. Namun, pada tahun 2017 ini Semen Indonesia akan mengekspor 400.000 ton semen ke beberapa negara di Asia Tenggara.

    “Ekspor semen ini kan disesuaikan permintaannya, sejauh ini memang masih di Asia Tenggara. Karena selama ini suplai produksi hanya terbatas di pasar domestik,” ujar dia.

    Untuk meningkatkan penjualan, kata dia, PT Semen Indonesia akan menerapkan sistem atau aplikasi baru pada setiap distributor atau supply agent di seluruh Indonesia. Mulai tahun ini, PT Semen Indonesia menggandeng PT Sinergi Informatika Semen Indonesia (SISI) untuk menciptakan Forca ERP.

    Menurut dia, dengan aplikasi Forca ERP ini akan mengontrol dan memonitoring distribusi, stok, hingga penjualan semen di tingkat distributor dan toko-toko.



    Editor : Rohmah Ermawati

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.