4 Sayur Ini Dianggap Tersehat dan Mampu Melindungi Dari Berbagai Penyakit, Apa Saja?

Empat sayuran ini dinilai memberikan khasiat kesehatan terbaik.

4 Sayur Ini Dianggap Tersehat dan Mampu Melindungi Dari Berbagai Penyakit, Apa Saja? Sayur bening bayam. (cookpad.com)

    Madiunpos.com, MADIUN – Sayuran memiliki kandungan serat dan nutrisinya masing-masing. Sayuran mengandung vitamin yang berfungsi untuk menyehatkan dan memaksimalkan kinerja organ tubuh. Selain sehat, sayur juga mudah didapat dan dengan harga terjangkau.

    Namun ada jenis sayuran yang secara umum memiliki banyak manfaat dibanding sayuran lain. Melansir suara.com yang mengutip Healthline, Kamis (17/9/2020), beberapa sayuran berikut dikenal yang paling sehat, antara lain:

    1. Bayam

    Bayam. (fitco.id)

    Tanaman berdaun hijau ini menempati urutan teratas sebagai salah satu sayuran tersehat. Satu cangkir (30 gram) bayam mentah menyediakan 56 persen kebutuhan harian vitamin A dan memenuhi seluruh kebutuhan harian vitamin K.

    Bayam juga mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu mengurangi risiko penyakit kronis. Satu studi menemukan bahwa sayuran berdaun hijau tua seperti bayam mengandung beta-karoten dan lutein yang tinggi, dua jenis antioksidan yang dikaitkan dengan penurunan risiko kanker.

    2. Wortel

    Jus wortel bisa digunakan untuk mengatasi jerawat. (freepik)

    Secangkir wortel atau 128 gram saja telah menyediakan 428% kebutuhan harian vitamin A. Wortel juga mengandung beta-karoten, antioksidan yang memberi wortel warna orange cerah dan dapat membantu pencegahan kanker.

    Faktanya, satu penelitian mengungkapkan bahwa untuk pemberian satu porsi wortel pada penderita kanker prostat per minggu bisa menurunkan kanker hingga 5 persen. Studi lain menunjukkan bahwa makan wortel juga dapat mengurangi risiko kanker paru-paru pada perokok. Wortel juga tinggi vitamin C, vitamin K dan kalium.

    3. Brokoli

    Brokoli. (freepik)

    Brokoli termasuk dalam keluarga sayuran silangan. Sayuran ini kaya akan sulfur yang dikenal sebagai glukosinolat serta sulforaphane. Sulforaphane penting karena telah terbukti memiliki efek perlindungan terhadap kanker.

    Makan brokoli dapat membantu mencegah jenis penyakit kronis lainnya. Sebuah penelitian pada hewan tahun 2010 menemukan bahwa mengonsumsi brokoli dapat melindungi jantung dari stres oksidatif penyebab penyakit dengan secara signifikan menurunkan kadar oksidan.

    Secangkir (91 gram) brokoli mentah menyediakan 116% kebutuhan harian vitamin K, 135% kebutuhan harian vitamin C harian, folat, mangan, dan kalium dalam jumlah yang baik.

    4. Bawang putih

    Bawang putih. (freepik)

    Senyawa aktif utama dalam bawang putih yaitu allicin memiliki berbagai manfaat kesehatan. Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa bawang putih dapat mengatur gula darah serta meningkatkan kesehatan jantung.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.