6 Gunung di Jawa Timur Tawarkan Sensasi Luar Biasa Bagi Para Pendaki

Ada beberapa gunung di Provinsi Jawa Timur yang memiliki keindahan luar biasa dan menjadi kunjungan favorit bagi para pendaki.

6 Gunung di Jawa Timur Tawarkan Sensasi Luar Biasa Bagi Para Pendaki Gunung Bromo. (liputan6.com)

    Madiunpos.com, MADIUN – Berbicara soal keindahan alam di Jawa Timur memang tidak ada habisnya. Mulai dari pantai hingga gunungnya yang memikat hati.

    Jawa Timur memiliki sejumlah gunung yang jadi favorit pendaki karena menawarkan sensasi tersendiri. Tentunya juga pemandangan yang cantik.

    Berikut 6 gunung terpopuler di Jawa Timur yang menawarkan sensasi luar biasa saat mendaki, seperti dilansir dari okezone.com Senin (28/9/2020).

    1. Gunung Bromo

    Gunung Bromo menjadi salah satu objek wisata terbaik di Indonesia. Terletak di Jawa Timur, popularitas wisata ini terkenal hingga mancanegara karena keindahannya yang luar biasa.

    Gunung setinggi 2.329 meter di atas permukaan laut ini (mdpl) juga jadi salah satu spot paling asyik menikmati keindahan sunrise dan sunset. Keindahan alam Gunung Bromo akan semakin terlihat jelas saat wisatawan mencapai view point tertinggi.

    2. Gunung Semeru

    Ranu Kumbolo menjadi spot favorit pendaki Gunung Semeru. (instagram.com/@noviherdyy)

    Bagi Anda yang pernah melihat film 5 Cm pasti sudah tidak asing lagi dengan Gunung Semeru. Gunung ini merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa yakni 3.676 mdpl. Keindahannya tak perlu diragukan. Puncak tertingginya adalah Mahameru. Ada beberapa jalur untuk mencapai puncaknya.

    Mulai dari Ranu Pani yang merupakan peristirahatan pendaki sebelum memasuki trek mendaki, lereng bukit, lereng bukit, Ranu Kumbolo (surganya para pendaki), padang rumput, cemoro kandang, kalimati, arcopodo kemudian 3-4 jam Anda akan langsung sampai di puncak Mahameru.

    3. Gunung Ijen

    Kawah Gunung Ijen. (instagram.com/@exploregunung_)

    Gunung Ijen berada di Banyuwangi. Salah satu yang menarik pendaki untuk berkunjung ke Gunung Ijen adalah keindahan kawahnya. Kawah Ijen memiliki fenomena blue fire atau api biru. Dibutuhkan 2,5 jam pendakian untuk sampai di puncak.

    4. Gunung Lawu

    Negeri atas awan di Gunung Lawu. (instagram.com/@lawumountain)

    Gunung Lawu terletak di perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah. Gunung ini merupakan salah satu gunung yang kerap dikunjungi para pendaki. Gunung Lawu berlokasi di tiga kabupaten sekaligus yaitu Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah; Kabupaten Ngawi dan Kabupaten Magetan, Jawa Timur.

    Gunung yang memiliki ketinggian 3.265 mdpl ini memiliki tiga puncak, yakni Hargo Dalem, Hargo Dumiling, dan puncak tertinggi bernama Hargo Dumilah. Pendakian Gunung lawu dapat melalui 3 jalur. Melalui Cemoro Kandang di Blumbang, Tawangmangu Kabupaten Karanganyar; Cemoro Sewu di Magetan; dan Candi Cetho di Kabupaten Karanganyar.

    5. Gunung Penanggungan

    Para pendaki di Gunung Penanggungan. (instagram.com/@kawan.muncak)

    Memiliki ketinggian 1.653 mdpl, Gunung Penanggungan banyak diincar pendaki pemula. Hanya butuh 4 jam pendakian agar sampai di puncaknya melalui jalur Tami Ajeng. Di gunung ini juga terdapat situs candi Hindu-Budha di lerengnya.

    6. Gunung Argopuro

    Gunung Argopuro. (instagram.com/@generasipendaki)

    Berada di Kabupaten Jember, gunung ini memiliki ketinggian 3.088 mdpl. Pemandangan pada jalur menuju puncak sangat memanjakan mata. Gunung ini juga menampilkan living park lake yang dikelilingi oleh tumbuhan rimbun.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.