7 Manfaat Yogurt untuk Kesehatan, Yuk Konsumsi secara Rutin

Manfaat yogurt untuk kesehatan sudah tidak diragukan lagu. Ada beragam manfaat yang Anda dapatkan saat mengkonsumsi yogurt secara rutin.

7 Manfaat Yogurt untuk Kesehatan, Yuk Konsumsi secara Rutin Yogurt. (freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN – Selain nikmat, ternyata yogurt juga memiliki manfaat yang menyehatkan untuk tubuh. Rasanya yang sedikit asam bercampur manis membuat yogurt disukai banyak orang. Bahkan saat ini yogurt sudah hadir dengan berbagai jenis rasa.

    Yogurt termasuk sumber makanan tinggi probiotik, bakteri baik yang membantu melancarkan pencernaan. Yogurt sendiri merupakan salah satu produk olahan susu yang terbuat dari proses fermentasi.

    Yogurt sudah dikonsumsi sejak ratusan tahun lalu dan sudah terbukti mampu mengurangi risiko penyakit jantung, osteoporosis, dan bisa membantu menurunkan berat badan.

    Agar Kulit Tetap Sehat di Musim Hujan, Konsumsi 5 Makanan Berikut

    Selain manfaat di atas, masih ada banyak manfaat lain dari yogurt. Berikut manfaat yogurt untuk kesehatan melansir dari okezone.com Sabtu (5/12/2020).

    1. Kaya nutrisi

    Yogurt telah dikenal banyak orang karena mengandung banyak kalsium dan mineral yang diperlukan untuk kesehatan gigi dan tulang. Yogurt mengandung vitamin B yang tinggi, terutama vitamin B12 dan riboflavin yang dapat melindungi dari penyakit jantung dan cacat saraf tertentu.

    Yogurt juga diperkaya akan vitamin D untuk meningkatkan kesehatan tulang dan sistem kekebalan tubuh, serta dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan depresi. Satu cangkir yogurt dapat memenuhi 49% kebutuhan harian kalsium, 38% kebutuhan harian fosfor, 12% kebutuhan magnesium, dan 18% kebutuhan harian kalium Anda.

    Brak! Begini Detik-Detik Ratusan Orang Serbu Markas TMP Surabaya

    1. Tinggi protein

    Yogurt mengandung sekitar 12 gram per 7 ons protein di dalamnya. Hal ini berfungsi untuk menjaga metabolisme tubuh dan mengatur nafsu makan, sehingga berat badan dapat terkontrol.

    1. Mengandung probiotik

    Beberapa jenis probiotik yang ditemukan dalam yogurt, seperti Bifidobacteria dan Lactobacillus, telah terbukti mengurangi gejala tidak nyaman dari sindrom iritasi usus besar (IBS). Beberapa penelitian telah menemukan, bahwa probiotik dapat mengatasi diare serta sembelit.

    1. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

    Sifat peningkat kekebalan dari yogurt karena magnesium, selenium, dan sengnya, merupakan mineral yang dikenal dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Penelitian juga menunjukkan bahwa, probiotik dan vitamin D yang terkandung juga dapat membantu mencegah flu.

    Hujan 5 Jam, 6 Kecamatan di Kabupaten Madiun Banjir

    1. Mencegah osteoporosis

    Semua vitamin dan mineral yang terkandung dalam yogurt sangat membantu mencegah osteoporosis. Sebuah penelitian menyarankan untuk mengkonsumsi setidaknya tiga porsi makanan olahan susu, seperti yogurt setiap hari, agar dapat membantu menjaga massa dan kekuatan tulang.

    1. Bermanfaat untuk kesehatan jantung

    Beberapa penelitian menunjukkan, bahwa asupan lemak jenuh dari yogurt dapat meningkatkan kolesterol HDL, yang dapat melindungi kesehatan jantung. Yogurt juga telah terbukti dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi.

    1. Mengatur berat badan

    Protein dan kalsium yang bekerja sama dalam yogurt berfungsi untuk mengurangi nafsu makan. Penelitian menemukan bahwa sebagian orang yang mengkonsumsi yogurt secara teratur cenderung dapat mengatur nafsu makan dengan baik. Hal ini terjadi karena kandungan gizi pada yogurt lebih tinggi dibandingkan dengan kandungan kalorinya.

     



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.