BANJIR NGAWI : Rumah Warga di 2 Kelurahan Terendam Luapan Sungai Bengawan Solo

BANJIR NGAWI : Rumah Warga di 2 Kelurahan Terendam Luapan Sungai Bengawan Solo Ilustrasi banjir. (JIBI/dok)

    Banjir Ngawi terjadi di dua kelurahan akibat luapan Sungai Bengawan Solo.

    Madiunpos.com, NGAWI -- Banjir melanda sejumlah wilayah di Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, Selasa (13/3/2018), akibat luapan Sungai Bengawan Solo yang mendapat aliran air dari wilayah Jawa Tengah dan tingginya curah hujan di wilayah setempat.

    Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) Kabupaten Ngawi mencatat sejumlah wilayah yang dilanda banjir hingga Selasa petang di antaranya di Kelurahan Margomulyo dan Karangtengah.

    Air menggenangi ruas-ruas jalan permukiman penduduk di sejumlah RT di kelurahan tersebut. Bahkan di sejumlah titik, air masuk ke rumah warga. Ketiggian air berkisar antara 30 centimeter hingga 50 centimeter.

    "Daerah yang terpantau banjir ada di Kelurahan Margomulyo dan Karangtengah yang berdekatan dengan Bengawan Solo," ujar anggota BPBD Ngawi Wawan.

    Berdasarkan informasi warga di daerah rawan banjir, air luapan sungai mulai masuk ke permukiman pada Selasa pagi. Tingginya debit air Bengawan Solo di wilayah Ngawi tersebut disebabkan air kiriman dari sejumlah wilayah di Jawa Tengah yang dilalui Bengawan Solo.

    Selain itu, tingginya curah hujan di wilayah Kabupaten Ngawi selama beberapa hari terakhir juga memengaruhi keadaan bencana tersebut.

    "Kalau di lingkungan sini, banjir akibat luberan Kali Cupo, yakni anak sungai Bengawan Solo. Sejak beberapa hari, air sungai itu meluber karena tingginya curah hujan. Sempat naik, lalu surut, terus kadang naik lagi karena hujan semalaman. Tapi warga tidak ada yang mengungsi karena sudah biasa dan masih aman," kata Suyanto, warga Kelurahan Margomulyo.

    Anggota BPBD setempat dibantu petugas Polres Ngawi dan Kodim Ngawi terus melakukan patroli dan pemantauan di sejumlah wilayah tepian Bengawan Solo dan Bengawan Madiun yang rawan banjir.



    Editor : Rohmah Ermawati

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.