BECAK LAWU : Kredit Motor Kian Mudah, Becak Lawu Mulai Punah

BECAK LAWU : Kredit Motor Kian Mudah, Becak Lawu Mulai Punah Becak Lawu (JIBI/Solopos/Aries Susanto)

    Becak Lawu bukanlah becak motor. Namun, yang jelas becak ini mulai tersingkir karena motor.

    Madiunpos.com, MAGETAN – Kacamata orang modern tentu akan memandang Becak Lawu, sebutan gerobak yang biasa dipakai di Lereng Gunung Lawu, sebagai kendaraan kuno, berbahaya, tak efektif dan tak efisien. Namun, bagi masyarakat kecil yang hidup di lereng Lawu, khusunya di Plaosan Magetan, kendaraan ini tetap menjadi primadona mereka.

    Hanya berbekal kemauan dan nyali tinggi, mereka bisa membuat becak ini dan menyetirnya sendiri. Aktivitas sehari-hari mereka, seperti merumput dan mencari kayu bakar pun tertolong berkat Becak Lawu ini.

    “Yang jelas, untuk membuatnya sangat mudah dan murah. Bahan kayu, nyari sendiri. Klaker dan kawat besi bisa mencari di bekas-bekas bangunan,” ujar Sumanto, salah satu warga Plaosan, Magetan saat mengisahkan dirinya membuat Becak Lawu beberapa tahun silam, Senin (5/5/2015).

    Sejarah terciptanya Becak Lawu memang sejak puluhan tahun silam. Sejarah itu tak bisa dilepaskan dari kondisi sosial masyarakat lereng Lawu yang hidup sederhana. Selain itu, juga tak bisa dilepaskan dari kondisi geografis wilayah Gunung Lawu yang naik turun. Kondisi itu kemudian melahirkan ide warga setempat untuk membuat transportasi dengan memanfaatkan kontur jalan yang naik menurun.

    “Kalau pas mencari rumput dan kayu bakar, Becak Lawu ini ditarik dulu ke atas jalan kaki. Kadang ditarik motor. Tapi, pulangnya langsung menggelinding saja sambil bawa rumput dan kayu,” ujar Sumanto.

    Kini, jumlah peminat Becak Lawu memang tak sebanyak dulu. Saat ini, jumlahnya bahkan tak sampai 50-an unit. Itu pun tak saban hari dipakai untuk merumput atau mencari kayu. ”Sekarang banyak yang bikin Becak Kayu untuk balapan. Modelnya mirip mobil F1 itu,” sahut Adi, warga Plaosan lainnya.

    Berkurangnya peminta Becak Lawu bisa juga karena tingkat ekonomi dan gengsi warga lereng Lawu kian tinggi. Apalagi, saat ini untuk mendapatkan kendaraan bermotor sangat gampang dengan cara kredit murah meriah.

    “Yang jelas, saat ini anak-anak muda sudah enggak ada yang mau mencari rumput dan kayu bakar. Mereka maunya, minta motor. Nggaya-nggayaan. Padahal, orang tuanya mati-matian merumput dan mencari kayu bakar karena harga elpji mahal,” sahut Adi, warga Ploasan Magetan lainnya.



    Editor : Aries Susanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.