Begini Ciri-Ciri Dagangan yang Pakai Penglaris Menurut Dosen UGM

Dosen UGM Yogyakarta menjelaskan ciri pedagang yang menggunakan penglaris.

Begini Ciri-Ciri Dagangan yang Pakai Penglaris Menurut Dosen UGM Dosen Jurusan Sastra Arab Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UGM Yogyakarta, Abdul Jawat Nur. (detik.com)

    Madiunpos.com, JOGJA -- Belakangan ini sedang viral berita tentang pedagang bakso cuanki di Kembangan, Jakarta Barat, meludahi mangkuk untuk penglaris.

    Video ini banyak mengundang komentar netizen bahkan para selebriti Tanah Air. Sebagian besar menyebut itu ritual penglaris.

    Mengutip detik.com, pakar budaya Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta menyebut praktik penglaris itu biasa digunakan para pedagang. Lantas apa ciri-cirinya?

    Pedagang Makanan Pakai Penglaris, Ahli Spiritual Jelaskan Cara Melihatnya

    "Ada kan kalau kita makan di warungnya enak banget, tapi kalau [makanan] dibawa pulang, rasanya hambar. Itu salah satu cirinya," kata dosen Jurusan Sastra Arab Fakultas Ilmu Budaya (FIB) UGM, Abdul Jawat Nur, Jumat (26/6/2020).

    Jawat menyebut praktik meludahi makanan sudah lama digunakan di sejumlah daerah. Namun, Jawat tidak mau menyebut daerah mana saja yang melakukan praktik ini.

    "Saya tidak bisa tunjuk daerahnya ya. Banyak pedagang makanan yang menggunakan mantra penglaris," terangnya.

    Polda Jatim Periksa 28 Saksi Bentrokan Mahasiswa Dengan Aparat di Pamekasan

    Jawat menceritakan ada juga praktik pengobatan menggunakan ludah. Dia menyebut ludah dari tokoh atau yang disebut guru itu digosokkan ke kedua tangannya lalu diusapkan ke pasien yang sakit. Dia menyebut penggunaan mantra sudah lama dikenal di Indonesia.

    "Mantra itu macam-macam. Sebelum agama masuk ke Indonesia, bangsa kita sudah punya mantra. Mereka percaya pada hal-hal yang metafisik di luar kemampuan manusia, dan mereka meminta bantuannya melalui mantra," jelasnya.

    Akui Untuk Penglaris

    Sebagai informasi, video pedagang bakso meludahi mangkuk itu sempat viral di media sosial. Dalam video, terlihat gerakan wajah pelaku mendekat ke mangkuk yang dinarasikan bahwa pelaku meludahi mangkuk pembeli.

    Kasus Narkoba Semester I 2020 di Kota Madiun Meningkat

    Saat dimintai klarifikasi polisi, pedagang bernama Windra Suherman itu akhirnya mengakui meludahi mangkuknya. Dia mengaku mendapatkan perintah dari guru spiritualnya untuk penglaris.

    "Pelaku meludahi mangkuk bakso tersebut sesuai dengan amalan/ajaran yang dipelajari pelaku dari gurunya yang bernama Joko (guru spiritual/dukun) pada saat berada di kampungnya, daerah Jawa Barat, kurang-lebih 1 minggu yang lalu," kata Kapolsek Kembangan, Kompol Imam Irawan, Jumat.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.