Berikut Deretan Tempat Wisata Menarik di Magetan

Berikut ini deretan tempat wisata di Magetan yang menarik untuk dikunjungi saat libur Natal dan Tahun Baru.

Berikut Deretan Tempat Wisata Menarik di Magetan Sejumlah speed boat hanya terparkir di pinggir Telaga Sarangan, Jumat (9/7/2021). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

    Madiunpos.com, MAGETAN -- Masa libur Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 tinggal menghitung hari. Biasanya pada momen Nataru ini, banyak masyarakat yang ingin menikmatinya dengan berwisata di tempat-tempat indah. Kabupaten Magetan menjadi salah satu daerah di Jawa Timur bagian barat yang memiliki banyak tempat wisata menarik.

    Di Kabupaten Magetan ada Gunung Lawu yang mempunyai pesona alam sangat indah. Bukan hanya indah, kawasan tersebut juga memiliki beragam tempat wisata yang sayang untuk tidak disinggahi. Sebagian besar tempat wisata di Magetan merupakan wisata alam, meskipun ada beberapa tempat wisata buatan.

    Berikut ini tempat wisata hits yang ada di Magetan:

    1. Telaga Sarangan

    Telaga Sarangan ini menjadi ikonnya pariwisata Magetan. Saking populernya, ada ungkapan “belum ke Magetan, kalau belum Telaga Sarangan”. Telaga Sarangan ini merupakan telaga alami yang berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut (mdpl). Telaga ini berada di lereng Gunung Lawu, Kecamatan Plaosan. Telaga Sarangan ini memiliki luas sekitar 30 hektare dan kedalaman mencapai 28 meter. Sedangkan suhu udara di kawasan ini antara 15 hingga 20 derajat Celcius. Di tempat ini ada beragam atraksi wisata yang bisa Anda coba, seperti naik kuda, berkeliling dengan speed boat di telaga, dan berkeliling telaga. Selain itu juga ada beragam penjaja kuliner khas di sekitar telaga. Untuk tempat menginap? Jangan khawatir, ada puluhan tempat penginapan, mulai dari hotel berbintang, hotel kelas melati, villa, maupun home stay.

     

    wisata magetan
    View Gunung Lawu dan Telaga Sarangan. (instgram/@telagasarangan)
    1. Desa Wisata Genilangit

    Ini menjadi salah satu tempat wisata hits terbaru di Magetan. Desa Wisata Genilangit ini berada di Kecamatan Poncol, Kabupaten Magetan. Desa wisata yang menjual nuansa alam dan budaya loakl ini berada di ketinggian sekitar 1.000 mdpl. Daya tarik desa wisata ini berupa wisata pendakian, wisata hortikultura, wisata outboun, wisata budaya, wisata buatan, wisata kuliner, agro wisata, homestay, wisata edukasi, dan wisata religi. Khusus potensi wisata pendakian ada di Bukit Jabolarangan, Bukit Pendowo, Bukit Kukusan, Bukit Kendil, Bukit Argo Cupu, Bukit Sekudi, dan Goa Langu. Sedangkan wisata air terjun ada di Tirtosari Genilangit. Homestay yang ada di Desa Wisata Genilangit ini ada sekitar 20 kamar.

    Desa Wisata Genilangit di Kabupaten Magetan. (istimewa)
    1. Telaga Wahyu

    Tempat wisata hits di Magetan selanjutnya ada Telaga Wahyu atau Telaga Wurung. Meski tidak sepopuler Telaga Sarangan, keindahan Telaga Wahyu tidak perlu diragukan lagi. Objek wisata yang ada di Kecamatan Plaosan ini memiliki luas sekitar 10 hektare dan kedalaman sekitar 16 meter. Lokasi wisata ini tidak jauh dari Telaga Sarangan, yakni hanya sekitar 4 kilometer. Telaga ini menjadi salah satu spot mancing yang cukup populer di kalangan warga Magetan. Selain menjadi tempat mancing, pengunjung juga bisa menaiki becak air keliling telaga.

    Baca Juga: Kecelakaan Karambol Libatkan 2 Truk & 1 Minibus, Ribuan Bungkus Mi Berhamburan di Jalan

    1. Mojosemi Forest Park

    Mojosemi Forest Park ini juga menjadi salah satu tempat wisata hits di Magetan. Tempat ini juga terkenal dengan sebutan taman dinosaurus. Mojosemi Park ini beralamat di Jalan Raya Sarangan, Kecamatan Plaosan. Taman dinosaurus ini berada di lereng Gunung Lawu. Ada berbagai jenis dinosaurus yang menjadi koleksi Mojosemi Park. Bukan hanya itu, di lokasi ini juga ada tempat penginapan yang menarik.


    Wisatawan menikmati wahana di Mojosemi Forest Park. (Istimewa/IG @mojosemidinosauruspark)
    1. Air Terjun Tirtosari Wonomulyo

    Tempat wisata di Magetan selanjutnya Air Terjun Tirtosari. Objek wisata alam ini berada di Desa Genilangit, Kecamatan Poncol. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter. Air terjun ini berada di antara pepohonan yang rindang dan terdapat jalan di kedua sisinya.

    Baca Juga: Catat! Ini Syarat Terbaru Naik Kereta Api saat Libur Natal dan Tahun Baru

    1. Kebun Bunga Refugia

    Objek wisata Kebun Bunga Refugia ini berada di depan Pasar Plaosan. Tempat wisata milik Pemkab Magetan. Tempat wisata buatan ini menyediakan banyak spot selfie dengan pemandangan taman penuh bunga-bunga yang cantik. Di tempat wisata ini ada wahana menara pandang, yaitu tower dengan ketinggian sekitar 15 meter yang bisa memanjakan pandangan.

    Wisatawan menikmati keindahan di Taman Bunga Refugia. (Istimewa/IG @wisatamagetan)

     



    Editor : Abdul Jalil

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.