Bukan Selalu Hamil, Rasa Mual di Pagi Hari Bisa Muncul karena Hal ini

Rasa mual yang muncul di pagi tidak selalu pertanda sedang hamil. Ada beberapa kondisi kesehatan yang menyebabkan hal itu terjadi.

Bukan Selalu Hamil, Rasa Mual di Pagi Hari Bisa Muncul karena Hal ini Ilustrasi mual. (klikdokter.com)

    Madiunpos.com, MADIUN – Rasa mual yang sering muncul di pagi hari mungkin pernah dialami beberapa orang. Kebanyakan mual diikuti dengan muntah namun ada beberapa mual yang tidak diakhiri dengan muntah.

    Banyak orang mengira sensasi mual di pagi hari hanya akan dirasakan ibu hamil. Namun, perlu Anda ketahui bahwa mual di pagi hari tidak selalu berarti Anda sedang hamil.

    Saat Anda bangun tidur dalam keadaan mual dan rasa ingin muntah bisa terjadi karena beberapa kondisi. Berikut beberapa penyebab rasa mual yang muncul di pagi hari dikutip dari hellosehat.com, Sabtu (24/10/2020).

    Perempuan di Kota Probolinggo Bernama Patah Hati

    1. Kurang tidur

    Jika Anda terbangun dengan rasa mual di pagi hari, mungkin Anda sedang kelelahan karena kurang tidur. Bisa jadi karena efek jet lag, insomnia, atau tidur yang tidak nyenyak.

    Kurang tidur juga dapat berdampak buruk pada kesehatan seperti menyebabkan mual di pagi hari, rasa kantuk di siang hari hingga kesulitan mengatur emosi. Kurang tidur membuat hormon neuroendokrin di dalam tubuh menjadi tidak seimbang. Hal inilah yang memicu rasa mual saat bangun tidur.

    1. Salah makan

    Jenis makanan yang Anda makan sebelum tidur bisa menjadi penyebab mual di pagi hari. Mungkin makanan tersebut telah terkontaminasi bakteri Salmonella sehingga memicu gejala keracunan makanan, misalnya mual, muntah, sakit perut, hingga diare.

    Terbangun dengan rasa lapar juga bisa menyebabkan mual karena kadar gula darah Anda rendah. Itulah kenapa, jangan pernah lewatkan sarapan pagi agar tubuh tetap sehat dan bugar.

    Aniaya Pacar, Pelaku Ngaku Timses Gibran dan Kenal Kapolda

    1. Asam lambung

    Rasa mual yang dialami bersamaan dengan kembung di perut juga dapat menjadi gejala penyakit asam lambung.

    Telat makan menyebabkan asam lambung naik hingga mencapai kerongkongan. Jika Anda tidak segera mengisi perut dengan makanan, maka asam lambung yang naik akan terus melukai lapisan tenggorokan dan memicu mual.

    Untuk mencegah asam lambung, cobalah mengkonsumsi jahe, teh herbal, atau apel organik.

    1. Rasa cemas

    Stres, panik dan cemas yang berlebihan juga bisa memicu aktifnya refleks muntah. Perasaan ingin mual muntah di pagi hari saat cemas dan stres ini kemungkinan besar terjadi akibat meningkatnya produksi hormon serotonin.

    Hormon serotonin diketahui ikut berperan dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan dan mengakibatkan kadar asam maupun enzim dalam perut menjadi kacau.

    Terapi Plasma, Cara Alternatif Penyembuhan Pasien Covid-19

    1. Keracunan konsumsi obat

    Keracunan obat juga dapat terjadi jika meminum obat disertai minuman atau makanan yang dapat membuat obat tersebut menjadi senyawa beracun. Sedangkan gejala keracunan obat seringkali berupa gangguan pencernaan, yakni mual, muntah hingga sakit perut.

    Obat nyeri seperti opioid bisa menyebabkan mual atau muntah. Sedangkan obat non-steroid, obat anti inflamasi dan aspirin juga memicu rasa mual karena mengiritasi perut.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.