BUKU POPULER : Inilah Buku-Buku Yang Sering Dicari Pembaca Setiap Tahun

BUKU POPULER : Inilah Buku-Buku Yang Sering Dicari Pembaca Setiap Tahun Buku-buku dijual di lapak di sekitar Alun-Alun Kota Madiun, Selasa (3/2/3015). (JIBI/Solopos/Aries Susanto)

    Buku ngetren di pasaran seringkali mengikuti perkembangan zaman dan kondisi masyarakat.

    Madiunpos.com, KOTA MADIUN – Perkembangan industri buku di Tanah Air yang pesat membuat sirkulasi buku bacaan sangat berubah cepat. Namun, ada jenis-jenis buku yang selalu dicari pembaca dan orang tua setiap tahunnya.

    Pengusaha buku di Kota Madiun, Aziz Alwi, mengatakan buku-buku yang selalu dicari pembeli di Kota Madiun setiap tahun adalah jenis buku yang berlaku sepanjang masa. Artinya, buku-buku tersebut tetap menjadi bacaan menarik sepanjang waktu.

    “Salah satunya ialah buku Babat Tanah Jawa. Buku ini meski cukup tebal, namun tetap laris manis. Setiap kali cetak dan setiap kali saya jualan, selalu habis terjual,” ujar Aziz saat ditemui Madiunpos.com di lapaknya di kawasan Alun-Alun Kota Madiun, Selasa (3/2/2015).

    Buku kedua, kata Aziz, adalah buku-buku untuk mendidik anak-anak kecil. Buku tersebut berisi kumpulan cerita teladan, cerita gambar, hitung-hitungan, atau buku latihan membaca menulis anak-anak.

    “Buku jenis ini selalu habis terjual setiap tahunnya. Kalau malam hari, Alun-Alun kan ramai, orang tua selalu belanja buku anak-anak itu,” paparnya.

    Jenis buku ketiga yang diburu para pembeli ialah buku berisi latihan atau kumpulan soal-soal tes CPNS dan tes potensi akademik (TPA). Buku jenis ini selalu laris manis bak kacang goreng begitu musim penerimaan CPNS dibuka.

    “Setiap daerah yang saya singgahi di Kediri, Ponorogo, Pacitan, selalu habis terjual,” paparnya.
    Buku berikutnya yang juga laris manis ialah buku tes ujian masuk perguruan tinggi (PT). Buku jenis ini biasanya diburu anak-anak lulusan SLTA menjelang musim ajaran tahun baru.

    “Sekitar bulan Mei-Juni-Juli, buku ini cepat habis. Kadang sampai kehabisan stok,” tambahnya.

    Selain jenis buku di atas, ada satu lagi jenis buku yang diminati pembaca, yakni novel. Menurut Aziz, minat pembaca novel saat ini sangat meningkat tajam, terutama dari kalangan anak-anak muda, baik novel remaja, novel agama, hingga novel-novel sastra bertema berat.
    “Jenis novel lumayan pembacanya. Dibandingkan jenis buku serius hasil penelitian atau buku tema politik,” tambahnya.



    Editor : Aries Susanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.