CAR FREE DAY : Aneh, di Kota Ini Motor dan Mobil Bebas Ikut Car Free Day, Kok Bisa?

CAR FREE DAY : Aneh, di Kota Ini Motor dan Mobil Bebas Ikut Car Free Day, Kok Bisa? Sepeda motor dan mobil nampak bebas melintasi area car free day di Ponorogo (JIBI/Solopos/Istimewa)

    Car free day (CFD) atau hari bebas kendaraan tak selalu identik dengan para pejalan kaki atau sepeda ontel. Di kota ini, motor dan mobil ternyata bebas ikut CFD. Aneh kan?

    Madiunpos.com, PONOROGO –Lazimnya car free day (CFD) terbebas dari kendaraan bermotor, di Kabupaten Ponorogo hal itu ternyata tak berlaku lagi. Bukan hanya pejalan kaki yang bisa masuk area CFD di Jalan Suromenggolo ini, motor bahkan mobil pun bisa bebas lalu-lalang di area yang semestinya bebas kendaraan itu.

    Imron Ashari, 41, warga Kelurahan Tonatan, Ponorogo mengeluhkan kendaraan yang bebas lalu lalang di area tersebut. Warga yang biasa berolah raga pagi di CFD setiap akhir pekan itu mengaku sangat terganggu atas bebasnya kendaraan bermotor di area CFD.

    “Ini sudah bukan car free day lagi. Niatnya ke sini kan ingin menghirup udara segar, kalau kendaraan bebas lewat gini kan polusi lagi,” jelas Imron kepada Madiunpos.com saat sedang istirahat di pinggir jalan di area CFD (8/3/2015).

    CFD di Ponorogo ini sudah berjalan lebih lima tahun. Sebelumnya, kata dia, selalu berjalan aman aman saja dari gangguan pengendara kendaraan bermotor. Hal tersebut karena selalu dijaga oleh Dinas Perhubungan dan kepolisian setempat.

    Namun sejak satu tahun terakhir, ketika petugas tak lagi terlihat berjaga, pemandangan itu sudah tak nampak lagi. Alhasil, pengendara bebas lalu lalang di tempat yang harusnya berudara segar itu.

    CFD Ponorogo ini juga menjadi ajang pasar kaget bagi para pedagang. Mereka mangkal di pinggir-pinggir jalan dan menjajakan banyak menu sarapan pagi hingga para pedagang ikan hias dan pedagang souvenir khas Kota Reog.

    Namun menurut Imron hal tersebut tidak mengganggunya. “Selama para pedagang tidak memakan badan jalan maka menurut saya tidak masalah,” ujarnya.

    Menurut Imron, kehadiran pedagang justru cukup membantu warga berbelanja setelah berolah raga dengan catatan tidak mengganggu orang yang ingin melewati area CFD. (Fuad Arrahman/JIBI/Solopos)



    Editor : Aries Susanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.