CAR FREE DAY MADIUN : Arena CFD Banyak Sampah, Netizen Paguma Geram

CAR FREE DAY MADIUN : Arena CFD Banyak Sampah, Netizen Paguma Geram Kondisi arena Car Free Day (CFD) Kota Madiun yang penuh sampah tersebar. (JIBI/Madiunpos.com/Facebook-Paguma)

    Car Free Day Madiun, netizen Paguma geram karena pengunjung CFD tidak bisa menjaga kebersihan.

    Madiunpos.com, MADIUN--Sejumlah member grup Facebook Paguyuban Madiun (Paguma) mengecam pengunjung yang membuang sampah di sembarang tempat di kegiatan car free day (CFD) yang setiap Minggu diselenggarakan di Jl. Pahlawan Kota Madiun. Bahkan, sejumlah netizen meminta CFD untuk dibubarkan ketika pengunjung tidak bisa menjaga kebersihan.

    Perbincangan di grup Facebook Paguma itu dimulai dari unggahan salah seorang member dengan nama Chin Gu. Dia mengkritisi kondisi lokasi CFD di Kota Madiun yang kotor dan penuh sampah. Dia menyayangkan pengunjung CFD yang membuang sampah di sembarang tempat.

    “Bakul e dandan e ganteng dan ayu serta memakai mobil, begitupula yg jogging pakaian keren dan hp smartphone, sepeda harga 4 jutaan,bermobil tapi kok gak malu ya?Budaya buang sampah sembarang tempat!CFD ajang nyampah...kapan indonesiaku maju dan bersih????? Hanya bisa ngelus dada lihat orang yg keren keren tapi masih punya kebiasaan nyampah sembarang tempat!,” tulis Chin Gu di grup Facebook Paguma yang dikutip Madiunpos.com, Minggu (31/7/2016).

    Dia mengusulkan ketika pengunjung CFD tidak bisa membudayakan hidup bersih, maka CFD ditiadakan. Menurut dia, itu bukan CFD melainkan pasar kaget. Dia berharap kepada pemerintah untuk mensosialisasikan kepada pedagang dan pengunjung CFD untuk membuang sampah pada tempatnya. Dan ketika tidak ada tempat sampah harus disimpan terlebih dahulu hingga menemukan tempat sampah.

    “Kalau perlu di hapus saja CFD ..itu bukan CFD tapi pasar kaget! Harusnya di sosialisasi ke para pedagang dan yg joging utk membawa sampah jika di sekitar tdk ada tempat sampah..cari dan buanglah ke tempat sampah meski itu jauh.,” kata dia.

    Sejumlah netizen lain juga geram atas kelakuan pengunjung CFD yang tidak bisa menjaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya. Kondisi CFD yang banyak sampah memang telah ada setiap gelaran tersebut diadakan.

    Pengguna akun Facebook Yoshi Rahmawati mengusulkan supaya ada denda bagi pembuang sampah di sembarang tempat. Ini supaya masyarakat bisa sadar atas pentingnya kebersihan. Selain itu, dia mengusulkan untuk pedagang dan pengunjung untuk membawa kantong sampah sendiri-sendiri saat di arena CFD.

    “musthinya baik yg sekedar jalan2 atau yg jualan bawa kantong sampah sendiri2. atau pengenaan denda utk yg buang sampah sembarangan... kesadaran diri aja deh,” tulis dia dalam kolom komentar.

    Pengguna akun Facebook Herimega Herga juga mengusulkan hal yang sama. Dia mengsulkan supaya ada denda atau hukuman untuk memberikan efek jera bagi masyarakat yang biasa membuang sampah sembarangan.

    “Didendan atau dihukum.mungkin baru bisa terlaksana.g akan ada yg nyampah lg,” tulis dia dalam kolom komentar.

    Pantauan Madiunpos.com, Minggu sekitar pukul 17.00 WIB, unggahan tersebut telah disukai 128 pengguna Facebook, mendapat 61 komentar, dan telah dibagikan sebanyak 12 kali.



    Editor : Ahmad Mufid Aryono

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.