CAR FREE DAY MADIUN : Beda dengan Yoghurt, Susu Kefir Muncul di CFD Madiun, Ini Rupanya…

CAR FREE DAY MADIUN : Beda dengan Yoghurt, Susu Kefir Muncul di CFD Madiun, Ini Rupanya… Banner produk susu kefir yang dipajang di arena car Free Day Madiun, Minggu (18/10/2015). (Irawan Sapto Adhi/JIBI/Madiunpos.com)

    Car Free Day Madiun diwarnai dengan pilihan kuliner berupa susu kefir.

    Madiunpos.com, MADIUN – Meski sebenarnya sama-sama merupakan susu fermentasi, namun susu kefir belum sepopuler yoghurt. Susu kefir dikabarkan berasal dari wilayah Kaukasus itu pada umumnya dibuat dari susu kambing, domba, atau sapi.

    Hal tersebut disampaikan pengusaha Griya Susu Kefir Madiun, Agung saat berbincang dengan Madiunpos.com di arena Car Free Day (CFD) Madiun di Jl. Pahlawan, Kota Madiun, Jawa Timur (Jatim), Minggu (18/10/2015) pagi. Menurut dia, susu kefir malah mempunyai lebih banyak manfaat kesehatan dari pada yoghurt.

    “Kami kini membawa susu kefir di arena Car Free Day Madiun. Kami menawarkan susu fermentasi yang mempunyai kandungan manfaat kesehatan lebih banyak ketimbang yoghurt,” klaim Agung.

    Agung menerangkan proses pembuatan susu kefir dicampur dengan butiran bernama kefir yang terdiri dari berbagai jenis asam laktat dan ragi. Di dalam kefir, lanjut dia, terkandung mikroflora, yaitu 18 jenis lactobacillus, 8 jenis streptococci, 14 jenis ragi dan 2 jenis acetobacter. Sedangkan yoghurt, menurut Agung, hanya mengandung du jenis bakteri, yakni Lactobacillus bulgaricus dan Streptococcus thermophillus.

    “Manfaat mengonsumsi susu kefir, antara lain sebagai probiotik yang dapat menekan pertumbuhan bakteri penyebab penyakit saluran pencernaan. Selain itu, susu kefir juga mampu menyembuhkan beberapa penyakit metabolism, seperti diabetes, asma, dan jenis tumor tertentu,” jelas Agung.

    Agung menerangkan susu kefir merupakan minuman bergizi tinggi dengan kandungan gula susu yang rendah. Menurut dia, susu kefir bermanfaat juga bagi seseorang yang tidak toleran terhadap laktosa atau gula susu serta memperlancar buang air besar. Agung mengklaim susu kefir mampu membantu merangsang terbentuknya sistem imun pada tubuh.

    Pengalaman Madiunpos.com, rasa susu kefir tidak jauh berbeda dengan yoghurt yang keasaman. Hanya, susu kefir berasa lebih asam daripada yoghurt dengan tambahan sensasi seperti dicampur dengan soda. Sementara itu, tekstur susu kefir lebih kental atau menggumpal dari pada yoghurt atau minuman susu fermentasi lainnya.

    Harga susu kefir tergolong lebih mahal ketimbang olahan susu fermentasi lainnya. Di arena Car Free Day (CFD) Madiun, olahan kuliner Madiun itu dijual dengan harga Rp7.500/gelas sampai dengan Rp9.000/gelas ukuran sedang.

    KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya



    Editor : Rahmat Wibisono

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.