Dinas Sosial Kota Kediri Latih Eks ODGJ Berkreasi Agar Mandiri Secara Ekonomi

Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri memberdayakan eks ODGJ (orang dengan gangguan jiwa) supaya dapat mandiri secara ekonomi dan menghapus stigma masyarakat.

Dinas Sosial Kota Kediri Latih Eks ODGJ Berkreasi Agar Mandiri Secara Ekonomi Pelatihan dan Pemberdayaan Para Eks ODGJ di Dinas Sosial Kota Kediri. (Youtube/@HARMONI TV KEDIRI)

    Madiunpos.com, KEDIRI – Dinas Sosial Kota Kediri memberdayakan para eks ODGJ (orang dengan gangguan jiwa) dengan memberikan mereka pelatihan membuat kerajinan tangan dari kain perca. Pelatihan ini berlangsung 2 kali dalam sepekan yakni setiap hari Selasa dan Kamis. Peserta yang mengikuti pelatihan ini adalah para eks ODGJ yang dinilai telah stabil dan mampu menerima pelatihan.

    Seperti dilansir dari akun Youtube @HARMONI TV KEDIRI, Rabu (12/8/2020), Kepala Bidang (Kabid) Rehabilitasi Sosial Kota Kediri, Luluk Nita Kumala, menjelaskan banyaknya eks ODGJ yang memiliki kemampuan. Luluk mengatakan kegiatan ini sebagai bentuk layanan untuk eks ODGJ berkegiatan agar tidak berdiam diri, memikirkan masalah di rumah.

    Kegiatan pelatihan serta pemberdayaan ini pun bertujuan mendorong para eks ODGJ untuk dapat berperan di lingkungan masyarakat sesuai dengan statusnya. Selain itu, diharapkan dengan adanya pemberdayaan eks ODGJ ini dapat mendukung mereka untuk mampu secara ekonomi dan menghapus stigma masyarakat mengenai ODGJ.

    Tukang Rongsok di Kediri Jual Istri untuk Layani Threesome

    Hasil kerajinan tangan para eks ODGJ ini pun telah didistribusikan ke berbagai organisasi perangkat daerah (OPD). Dinas Sosial Kota Kediri juga mendistribusikannya ke kantor-kantor kelurahan hingga kantor DPRD.

    Kerajinan tangan dari kain perca berupa keset karya para eks ODGJ di Kota Kediri. (Youtube/@HARMONI TV KEDIRI)

    “Untuk pemasaran, alhamdulillah kami sudah berkoordinasi dan bekerja sama dengan beberapa OPD yang mau menampung hasil karya para eks ODGJ. Dewan Kota Kediri sendiri juga banyak yang memesan serta beberapa kelurahan,” jelas Luluk.

    Pemerintah Kota Kediri pun mengharapkan kegiatan ini bisa membuat eks ODGJ diterima dengan baik oleh para masyarakat. Kegiatan ini pun dapat menghapus pemikiran negatif masyarakat mengenai ODGJ tidak dapat disembuhkan.

    Kebakaran Gudang Kayu di Kediri: Oven Diduga Overheat, Kerugian Capai Rp1,5 M

     

     

     



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.