Dokter Reisa: Masker Kain yang Direkomendasikan Memiliki 3 Lapisan

Penggunaan masker disarankan hanya empat jam dan harus diganti dengan yang bersih.

Dokter Reisa: Masker Kain yang Direkomendasikan Memiliki 3 Lapisan Ilustrasi memakai masker medis. (Liputan6.com/iStockphoto)

    Madiunpos.com, JAKARTA -- Tim Komunikasi Publik Gugus Tugas Nasional Percepatan Penanganan Covid-19, Reisa Broto Asmoro menyebut ada tiga jenis masker yang bisa digunakan masyarakat. Masker yang digunakan untuk mencegah penularan Covid-19, yakni masker bedah, masker N-95, dan masker kain.

    Reisa menambahkan, masker kain yang direkomendasikan untuk dipakai publik ialah yang memiliki tiga lapis.

    "Masker kain yang direkomendasikan adalah masker yang memiliki tiga lapisan kain, lapisan pertama adalah lapisan hidrofilik. Lapisan ini seperti katun yang dilapisi lapisan yang bisa mendukung agar filtrasi lebih optimal. Bisa dari katun atau poliester," katanya dalam konferensi pers, Selasa (9/6/2020).

    Lembaga Eijkman: Vaksin Covid-19 Kemungkinan Ditemukan Lebih Cepat

    Lapisan berikutnya, kata Reisa adalah lapisan hidropobik atau lapisan yang anti-air yang terbuat dari polyprofilen atau poliester. "Masker kain ini dapat dicuci dan digunakan kembali," ucapnya.

    Oleh karena itu diharapkan pencucian, penggunaan, dan penyimpanan masker pun mesti tepat. Hal ini bertujuan agar masker awet dan bisa digunakan berulang kali.

    "Penggunaan masker disarankan hanya empat jam dan harus diganti dengan yang bersih," ucapnya.

    Satu Keluarga di Kota Malang Sembuh dari Covid-19

    Reisa juga menyarankan jika masker lembab dan basah agar segera diganti. "Oleh karena itu masyarakat disarankan untuk membawa beberapa buah masker kalau keluar rumah untuk beraktivitas," katanya.

    Reisa juga menjelaskan penggunaan masker yang tepat. Menurutnya, penggunaan masker yang tepat ialah dengan menutupi hidung sampai dengan dagu. Juga tidak menaikturunkan masker dan tidak menyentuh bagian depan masker.

    Raisa Minta Fotonya Diedit Bak Konser di GBK, Hasilnya Kocak Banget

    "Untuk melepasnya juga harus diperhatikan, cukup pegang bagian tali masker tanpa menyentuh bagian kain dan langsung dimasukkan ke kantong kertas tertutup," paparnya.



    Editor : Arif Fajar Setiadi

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.