Doni Monardo Minta Pasien Covid-19 di Jatim yang Sembuh Mau Sumbangkan Plasma Darah, Untuk Apa?

Doni Monardo meminta pasien Covid-19 yang sembuh bersedia memberikan plasma darah untuk kesembuhan pasien lain.

Doni Monardo Minta Pasien Covid-19 di Jatim yang Sembuh Mau Sumbangkan Plasma Darah, Untuk Apa? Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo, di Surabaya. (inews.id)

    Madiunpos.com, SURABAYA — Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo, meminta pasien Covid-19 di Jatim yang sembuh bersedia sumbangkan plasma darah. Nantinya plasma darah itu diberikan kepada pasien yang masih sakit.

    Berdasarkan uji coba, plasma darah bisa membantu penyembuhan pasien Covid-19.

    “Hari ini, kami dapat catatan ada 654 orang pasien positif telah sembuh di Jatim [data 31 Mei 2020]. Sedangkan data 1 Juni 2020 ada 699 orang pasien sembuh. Kami imbau yang sembuh ini bersedia menyumbangkan plasma darahnya,” kata Doni di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Selasa (2/6/2020).

    Pelantikan Kepala Sekolah dan Pengawas di BKD Jatim Diduga Jadi Klaster Baru Covid-19

    Menurut pria yang juga menjabat kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini, Indonesia telah menguji coba terapi plasma konvalesen. Yaitu mengambil plasma atau cairan dalam darah dari pasien Covid-19 yang sudah sembuh dan disuntikkan kepada pasien yang masih kritis. Hasilnya, pasien Covid-19 yang sakit sembuh total.

    Karena itu, terapi ini menjadi kabar gembira di tengah belum adanya vaksin virus corona ini. “Hari ini juga Bapak Menteri Kesehatan [Terawan Agus Putranto] khusus datang langsung menyerahkan 21 pak plasma konvalesen untuk beberapa rumah sakit untuk membantu merawat pasien yang sudah dalam kondisi berat dan sangat berat,” katanya.

    Doni mengatakan berdasarkan pengalaman selama ini, semua pasien yang mendapat terapi plasma konvalesen ini sembuh total. Ia berharap kedisiplinan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. Ini agar mata rantai penyebaran Covid-19 bisa diputus.

    Tidak Kenakan Masker di Lokasi New Normal Ponorogo, Warga Akan Dihukum Jongkok

    Dalam kesempatan yang sama, Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto berharap Jawa Timur segera mengatasi situasinya dan semakin baik, lalu angka kematian turun.

    “Perlengkapan pelacakan dan pengecekan PCR telah kami datangkan, sehingga tim bisa semakin aktif mengecek, mengontrol dan menemukan kasus sedini mungkin agar penyebaran kasus Covid-19 dapat dilokalisasi,” katanya.

     

    Artikel ini telah terbit di inews.id dengan judul, “BNPB Berharap Pasien Sembuh Covid-19 di Jatim Mau Sumbangkan Plasma Darah“.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.