Dorong UMKM Berkembang, Pemkot Kediri Lakukan Ini

Dorong UMKM Berkembang, Pemkot Kediri Lakukan Ini Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar (JIBI/Solopos/Antara/Asmaul Chusna)

    Pemkot Kediri berupaya mengembangkan UMKM.

    Solopos.com, KEDIRI - Pemerintah Kota Kediri berkomitmen mengembangkan potensi ekonomi dengan mendorong usaha mikro, kecil, dan menengah di daerah ini berkembang.

    "Kediri tempat berniaga, orang berdagang, tempat orang jualan jasa. Jadi, saya minta ini bisa dijaga terus," kata Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar dalam acara halalbihalal di Kantor Kecamatan Kota, Kediri, Rabu (5/7/2017).

    Dia menambahkan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Kediri juga semakin berkembang. Berdasarkan hasil survei Badan Pusat Statistik (BPS) dalam sensus ekonomi 2016, jumlah usaha mikro kecil (UMK) lebih dari 39.000 usaha.

    Pemerintah kota banyak mengadakan kegiatan, salah satunya pameran sebagai upaya mengenalkan UMK pada masyarakat luas. Dengan itu, juga sebagai pemicu agar usaha mereka bisa berkembang.

    Wali Kota pun mendorong agar para pemuda di Kediri tidak gengsi untuk membuat UMK. Mereka bisa berjualan apa saja, sehingga bisa mandiri, bahkan jika bisa membuka peluang kerja untuk orang lain.

    "Dulu tiap pameran di kelurahan ada yang jualan marning, sekarang anak-anak muda muncul, ada yang jualan baju, topi, mukena, kerudung, tas, makanan dan sebagainya. Dan, saya minta ini tetap dijaga terus," katanya.

    Abu Bakar menambahkan pemerintah kota juga memberikan kemudahan perizinan. Hal itu juga memicu UMK di Kediri semakin berkembang.

    "Saya titip pada camat, lurah, mari dijaga baik-baik, karena tumbuhnya usaha ini juga membutuhkan komitmen. Banyak hal pemikiran menjadikan Kediri tumbuh, jadi saya mohon semua bisa mendukung program pemerintah, semua bisa bersinergi," katanya.

    Selain itu, ia meminta pelaku UMK bisa memanfaatkan kecanggihan teknologi dengan berjulan lewat dalam jaringan (daring). Hal itu akan semakin memudahkan untuk mengenalkan usaha mereka, selain ikut pameran.

    "Zaman berubah, masyarakat ingin semua cepat dilayani. Kami juga sedang mengembangkan potensi ekonomi di Kediri. Berkomitmen apa yang membuat maju mari menguapayakan bersama," harap dia.



    Editor : Rohmah Ermawati

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.