Fabio Quartararo Juarai MotoGP Catalunya, Rossi dan Dovozioso Crash

Pembalap Yamaha, Fabio Quartararo, menjadi yang tercepat dalam MotoGP Catalunya.

Fabio Quartararo Juarai MotoGP Catalunya, Rossi dan Dovozioso Crash Pembalap Yamaha, Fabio Quartararo, diapit dua pembalap Suzuki, Alex Rins dan Joan Mir. (twitter/@MotoGP)

    Madiunpos.com, MONTMELO -- Fabio Quartararo berhasil keluar sebagai juara di balapan MotoGP Catalunya 2020, Minggu (27/9/2020) malam WIB. Pembalap Prancis itu sukses membawa Yamaha menang lagi di Monmelo, Catalunya.

    Dalam balapan di Circuit de Barcelona-Catalunya, Montmelo, Quartararo menang setelah menyelesaikan balapan dengan catatan waktu 40 menit 33,176 detik. Rider 21 tahun itu menyudahi puasa Yamaha di MotoGP Catalunya. Terakhir Yamaha merebut kemenangan di sana pada 2016, kala itu Valentino Rossi pemenangnya.

    Sementara itu, Valentino Rossi gagal menorehkan hasil manis di balapan ke-350 di kelas premier di MotoGP. Dia terjatuh di lap ke-16 hingga back-to-back gagal finis. Di MotoGP Emilia Romagna pekan lalu, Rossi juga gagal finis.

    Melengkapi posisi podium ada duo pebalap Suzuki, Joan Mir dan Alex Rins. Dengan kemenangan ini, Quartararo ada di posisi teratas klasemen MotoGP. Dia mengumpulkan 108 angka.

    Jalannya Balapan

    Dikutip dari detik.com, beberapa saat setelah start langsung terjadi crash. Kejadian di tikungan kedua itu melibatkan Andrea Dovizioso dan Johann Zarco.

    Andrea Dovizioso bertabrakan dengan Johann Zarco. (Twitter/@MotoGP)

    Dalam sebuah tikungan, Zarco harus melambatkan laju motornya karena bersenggolan dengan Danilo Petrucci. Dovizioso tak bisa menghindar hingga keduanya terjatuh dan tak bisa melanjutkan balapan.

    Rossi ada di posisi kedua hingga 22 lap tersisa. Dia berjarak 0,488 detik dari Franco Morbidelli yang mampu mempertahankan posisi terdepan. Quartararo mendahului Rossi saat balapan menyisakan 19 lap. Dalam sebuah trek lurus, pebalap Prancis itu menyalip The Doctor, julukan Rossi.

    Quartararo menyusul Morbidelli. Dia melakukannya saat balapan menyisakan 16 putaran. Rider nomor 20 itu menyalip Morbidelli beberapa saat setelah melintasi garis start. Rider Yamaha lainnya, Maverick Vinales, kesulitan. Dia masih ada di posisi ke-15.

    Sementara itu, Pol Espargaro terjatuh di lap ke-12. Saat menikung di tikungan pertama, dia kehilangan grip hingga menyasar gravel. Sedangkan Morbidelli melakukan kesalahan di lap ke-13. Dia nyaris terjatuh di salah satu tikungan, hingga melebar. Rossi mengambil keuntungan mengambil posisi kedua.

    Sebanyak 11 lap tersisa, rombongan Yamaha di tiga posisi terdepan kian menjauh. Ada Gap 1,364 detik dari Jack Miller.

    Valentino Rossi gagal menyelesaikan balapan. (Twitter/@motoGP)

    Namun, Rossi jatuh di lap ke-16. Dia terjatuh juga di tikungan kedua. The Doctor gagal finis lagi setelah di pekan lalu juga crash dan gagal melanjutkan balapan. Quartararo kian melejit saat balapan sudah tinggal empat putaran. Jaraknya dengan pebalap kedua, Morbidelli, sejauh 2,815 detik.

    Mir menyalip Morbidelli di trek lurus. Saat itu balapan sudah berjalan 22 putaran. Morbidelli kini harus berjuang mengamankan posisi ketiga dari kejaran Alex Rins. Morbidelli akhirnya kehilangan posisi podium pada lap yang sama! Rins mendahuluinya.

    Hingga balapan selesai, Quartararo tak terkejar. Dia yang pertama menyentuh garis finis. Dia meraih kemenangan ketiga di MotoGP 2020.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.