HARGA KEBUTUHAN POKOK : Seusai Lebaran, Harga Cabai di Pacitan Selangit

HARGA KEBUTUHAN POKOK : Seusai Lebaran, Harga Cabai di Pacitan Selangit Susi, seorang pedagang cabai dan kebutuhan lainnya di Pasar Minulyo Pacitan menunggu pembeli, Senin (18/7/2016). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

    Harga kebutuhan pokok di Pacitan termasuk cabai seusai Lebaran naik.

    Madiunpos.com, PACITAN — Harga sejumlah kebutuhan pokok di Pacitan naik hingga Rp16.000/kg pasca-Lebaran. Kenaikan harga paling tinggi terjadi pada cabai rawit menjadi senilai Rp32.000/kg.

    Kepala Dinas Koperasi Perindustrian Perdagangan (Diskopindag) Pacitan, Supomo, mengatakan sejumlah barang kebutuhan pokok pasca-Lebaran memang naik cukup tinggi.

    Setelah dilakukan pengecekan ke sejumlah pasar, harga kebutuhan pokok paling tinggi yaitu produk bawang merah dan berbagai jenis cabai.

    Dia mengatakan untuk harga bawang merah di Pacitan saat ini senilai Rp40.000/kg dari sebelumnya seharga Rp25.000/kg dan harga bawang putih senilai Rp32.000/kg dari sebelumnya Rp30.000/kg.

    Sedangkan untuk cabai juga mengalami kenaikan harga dan harga cabai paling tinggi yaitu untuk jenis cabai rawit merah senilai Rp32.000/kg dari sebelumnya Rp16.000/kg.

    Sedangkan cabai rawit hijau naik menjadi Rp25.000/kg dari sebelumnya Rp12.000/kg, cabai keriting senilai Rp25.000/kg dari sebelumnya Rp15.000/kg.

    “Kenaikan berbagai kebutuhan pokok ini terjadi setelah perayaan Lebaran, harga semakin naik,” kata dia saat ditemui Madiunpos.com di ruang kerjanya, Senin (18/7/2016).

    Supomo menyampaikan penyebab kenaikan harga ini bukan karena permintaan meningkat saat Lebaran, tetapi memang dipengaruhi faktor cuaca yang tidak menentu. Kondisi ini membuat petani berbagai produk tersebut gagal panen dan itu berpengaruh pada kenaikan harga.

    “Saat ini kan memang banyak petani yang akan panen, tetapi tanaman mereka rusak karena kondisi cuaca yang tidak menentu dan membuat tanaman rusak hingga membuat gagal panen,” jelas dia.

    Lebih lanjut, dia mengatakan mengenai harga yang terus mengalami kenaikan memang itu menjadi mekanisme pasar yang sulit dikontrol. Hal ini mengingat kebutuhan semakin meningkat, tetapi produksi menipis.

    Seorang pedagang kebutuhan pokok di pasar Minulyo Pacitan, Susi, mengatakan setelah Lebaran memang sejumlah barang kebutuhan pokok semakin mahal. Khususnya untuk berbagai jenis cabai.

    “Harganya semakin meningkat setelah Lebaran, saya juga tidak tahu mengapa bisa naik tinggi,” ujar dia.



    Editor : Rohmah Ermawati

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.