HARI NATAL 2015 : Unit Satwa Polda Jatim Susur Gereja Setiap Jelang Misa

HARI NATAL 2015 : Unit Satwa Polda Jatim Susur Gereja Setiap Jelang Misa Anjing terlatih Unit K-9 Polda Jatim memeriksa setiap sudut Gereja Hati Kudus Yesus Katedral di Jl. Polisi Istimewa, Surabaya, Kamis (24/12/2015) (JIBI/Solopos/Antara/M. Risyal Hidayat)

    Hari Natal 2015 diamankan Unit Satwa Polda Jatim yang lebih kondang dengan sandi K-9, anjing-anjing terlatih ditugaskan menyusuri seluruh sudut gereja-gereja yang digunakan perayaan misa Natal.

    Madiunpos.com, SURABAYA — Unit Satwa Polda Jatim—atau lebih kondang dengan sandi K-9—mengerahkan anjing-anjing terlatih untuk menyisir setiap sudut gereja pada setiap menjelang misa Hari Natal 2015. Langkah itu diambil untuk mengantisipasi gangguan ketertiban dan keamanan selama peribadatan berlangsung.

    "Unit K-9 akan menyisir seluruh sudut dan ruangan di gereja-geraja yang digunakan perayaan Misa Natal," ujar Direktur Sabhara Polda Jatim Kombes Pol Imam Sayuti di sela-sela meninjau pengamanan di Gereja Hati Kudus Yesus Katedral di Jl. Polisi Istimewa, Surabaya, Kamis (24/12/2015).

    Total sebanyak 10 unit K-9 Polda Jatim sudah diterjunkan dan disebar di sejumlah gereja sebagai bentuk penjaminan keamanan kepada umat kristiani yang melaksanakan ibadah Hari Natal 2015. Pada pengamanan kali ini, lanjut dia, Polda Jatim sifatnya membantu tim dari Polrestabes Surabaya selaku pemilik wilayah.

    "Yang pasti, kami tidak ingin ada gangguan keamanan dan ketertiban di Jatim, terutama Surabaya. Polisi bertugas melindungi dan mengayomi seluruh masyarakat," ucapnya.
    Pola pengamanan yang dilakukan, kata dia, personel yang jumlahnya satu peleton atau sebanyak 30 anggota berjaga di setiap lokasi yang sudah ditentukan sebelumnya dengan cara bergantian waktunya. "Anggota yang bertugas hari ini sampai nanti dini hari. Kemudian dilanjutkan oleh pasukan berikutnya sampai selesai," kata perwira menengah tersebut.

    Selain dari aparat kepolisian, di setiap gereja juga dijaga oleh Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), petugas keamanan internal ditambah petugas medis dari Dinas Kesehatan. Sementara itu, Operasi Lilin Semeru 2015 yang dilakukan sejak 24 Desember 2015 hingga 2 Januari 2016 melibatkan 12.852 personel Polri se-Jatim.

    "Mereka akan mengamankan 2.488 gereja, 316 objek wisata, 146 tempat perayaan pergantian tahun, 350-an tempat perbelanjaan atau mal, 32 pelabuhan, enam bandara, 85 stasiun kereta api, 72 terminal, dan sebagainya," kata Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol RP Argo Yuwono.



    Editor : Rahmat Wibisono

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.