HARI PAHLAWAN : Gelar Parade Juang, Surabaya Targetkan Wisman Naik 15%

HARI PAHLAWAN : Gelar Parade Juang, Surabaya Targetkan Wisman Naik 15% Teatrikal perang 10 November 1945 di Lapangan Tugu Pahlawan Surabaya pada Hari Pahlawan 2013. (JIBI/Solopos/Antara/M. Risyal Hidayat)

    Hari Pahlawan di Surabaya dimeriahkan Parade Juang yang diharapkan mampu menjadi daya tarik wisata yang meningkatkan wisatawan mancanegara hingga 15%.

    Madiunpos.com, SURABAYA – Pemerintah Kota Surabaya menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara pada tahun 2015 ini dapat tumbuh 10%-15% seiring dengan banyaknya kegiatan pariwisata sepanjang tahun, termasuk adanya rencana kegiatan Parade Juang dalam menyambut Hari Pahlawan, Selasa (10/11/2015).

    Kepala Dinas Budaya dan Pariwisata Kota Surabaya Wiwiek Widayati mengatakan jumlah kunjungan wisatawan asing pada 2014 tercatat mampu mencapai 1 juta orang. Tahun 2015 ini pun ditargetkan bisa melebihi angka 1 juta orang.

    “Sampai saat ini realisasi kunjungan wisatawan asing yang datang ke Surabaya sudah mencapai 70% dari target,. Kami optimistis sampai akhir tahun target kami tercapai,” katanya seusai Konferensi Pers Parade Juang 2015, Jumat (6/11/2015).

    Dia mengakui kondisi ekonomi tahun ini memang sangat berat dan cukup mempengaruhi tingkat kunjungan wisatawan terutama wisatawan domestik. Namun bagi wisatawan asing, saat nilai tukar dolar terus melambung, justru kunjungan wisatawan asing semakin positif.

    Meski begitu, kebanyakan kunjungan wisatawan asing tersebut adalah untuk urusan bisnis, di samping meluangkan waktunya untuk berwisata. Selama ini Surabaya lebih banyak menyuguhkan pariwisata sejarah mengingat banyak sekali bangunan-bangunan kuno  dan monument perjuangan.

    “Kami berharap dengan calendar event sepanjang tahun yang kami gelar sebagai upaya menarik wisatawan ini bisa menggaet mereka untuk datang, termasuk kegiatan Parade Juang,” katanya.

    Atraksi Perang

    Teatrikal arek-arek Surabaya di atap Aptek Simpang, Surabaya pada Hari Pahlawan 2013. (JIBI/Solopos/Antara/M. Risyal Hidayat)
    Teatrikal arek-arek Surabaya di atap Aptek Simpang, Surabaya pada Hari Pahlawan 2013. (JIBI/Solopos/Antara/M. Risyal Hidayat)

    Kegiatan Parade Juang tersebut akan dimulai Minggu (8/11/2015). Kegiatan parade itu dimulai dari Tugu Pahlawan–Jl. Kramat Gantung– Siola-Jl. Tunjungan-Jl. Gubernur Suryo–Jl. Yos Sudarso, hingga Taman Surya.

    Dalam parade yang diharapkan mampu menjadi daya tarik wisata Surabaya tersebut bakal ada komunitas Pencinta Sejarah Roodebrug Soerabaya dan dari Kota Bandung, Jakarta, Medan,Yogyakarta, Magelang, Malang  yang akan melakukan Teatrikal Perang 10 November 1945.

    Selain itu akan ada atraksi perang di depan Gedung Siola, pengibaran bendera merah putih dan pembacaan puisi, atraksi perang di depan Gedung Grahadi, dan atraksi perang di depan DPRD Kota Surabaya. Rangkaian acara itulah yang diharapkan mampu menjadi daya tarik wisata Surabaya.



    Editor : Rahmat Wibisono

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.