HARI SUSU NUSANTARA : Pakde Karwo Ajak Masyarakat Minum Susu 2 Gelas/hari

HARI SUSU NUSANTARA : Pakde Karwo Ajak Masyarakat Minum Susu 2 Gelas/hari Ilustrasi (A Mufid Aryono/JIBI/SOLOPOS)

    Hari Susu Nusantara diperingati Pemprov Jatim.

    Madiunpos.com, MALANG - Masyarakat Jawa Timur (Jatim) diimbau minum susu segar sebanyak dua gelas per hari guna meningkatkan kesehatan dan kecerdasan.

    Gubernur Jatim Soekarwo mengatakan gerakan minum susu dua gelas setiap hari harus disosialisasikan.

    "Mengonsumsi susu ini sangat penting bagi tubuh dan kecerdasan, apalagi Jatim sebagai sentra produksi susu, masyarakatnya harus menyukseskan gerakan minum susu dus gelas per hari tersebut," kata dia.

    Hal itu diungkapkan Pakde Karwo, sapaan akrab Soekarwo, saat acara peringatan Hari Susu Nusantara 2016 di Gedung Samantha Krida Universitas Brawijaya (UB) Malang, Kamis (2/6/2016).

    Puncak peringatan Hari Susu Nusantara (HSN) yang dipusatkan di kampus UB Malang mengusung tema Sehat, cerdas, sejahtera, dengan minum dua gelas susu setiap hari. Acara itu menjadi momentum sebagai upaya konsolidasi semua pihak guna membangkitkan kembali industri susu dalam negeri.

    Pakde Karwo mengingatkan kembali akan pentingnya konsumsi susu khususnya untuk anak-anak. Pemprov Jatim juga terus menggalakkan Gerakan Minum Susu sebagai satu kebijakan strategis agar masyarakat aktif dalam mengonsumsi susu, baik susu segar maupun hasil olahannya.

    "Ini juga untuk meningkatkan konsumsi susu dan gizi masyarakat sekaligus meningkatkan kesejahteraan peternak sapi perah melalui perluasan pangsa pasar," kata dia.

    Menyinggung produksi susu di Jatim, Pakde Karwo mengatakan sebesar 1.300 ton yang dihasilkan dari 250.000 ekor sapi. Dari jumlah produksi tersebut, Jawa Timur masih mengalami kekurangan 700 ton susu.

    Saat ini, tingkat konsumsi susu warga Jatim rata-rata masih 9 liter per kapita per tahun. Artinya, masyarakat Jatim, khususnya anak-anak masih belum mengonsumsi dua gelas susu tiap hari.

    Sebagai informasi, Di Jatim, 10 kabupaten menjadi sentra sapi perah yang menghasilkan susu. Yakni Pasuruan menempati urutan pertama, yakni dengan 80.000 ekor sapi perah, disusul Kabupaten Malang 75.000 ekor. Selain itu, da Kabupaten Tulungagung, Kediri, Blitar, Probolinggo, dan Trenggalek.

    Dirjen Pertenakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian, Muladno, menambahkan dengan Gerakan Minum Susu dua gelas sehari diharapkan anak-anak  lebih sehat.

    "Dengan demikian akan mampu belajar dengan baik untuk mempersiapkan masa depan yang lebih cemerlang dan membangun kejayaan bangsa dan negara," urainya



    Editor : Rohmah Ermawati

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.