HASIL PILKADA PONOROGO : Sugiri-Sukirno Menang Pilkada 2015 di LP Ponorogo

HASIL PILKADA PONOROGO : Sugiri-Sukirno Menang Pilkada 2015 di LP Ponorogo Empat pasangan calon mengangkat nomor urut hasil pengundian yang digelar KPU Ponorogo di Gedung Sasana Praja, Ponorogo, Jatim, Rabu (26/8/2015) (JIBI/Solopos/Antara-Istimewa)

    Hasil Pilkada Ponorogo 2015 di LP Ponorogo yang hanya diikuti 24 orang pemilih tetap dihitung pada pukul 13.00 WIB.

    Madiunpos.com, PONOROGO — Pasangan calon bupati-wakil bupati peserta Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pilkada) Kabupaten Ngawi 2015 bernomor urut 1, Sugiri Sancoko-Sukirno, meraup suara terbanyak berdasarkan hasil penghitungan akhir di tempat pemungutan suara (TPS) Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Ponorogo, Jawa Timur.

    "Pasangan nomor urut 1 [mendapatkan] 19 suara dari total 24 pemilih yang menggunakan hak pilihnya di TPS khusus LP Kelas IIB Ponorogo," terang Ketua Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) TPS Khusus LP Kelas IIB Ponorogo, Suherwan seusai rekapitulasi penghitungan suara, Rabu (9/12/2015).

    Calon incumbent dalam Pilkada Kabupaten Ponorogo 2015, Amin-Agus Widodo, tidak banyak mendapat suara dari kalangan narapidana dan tahanan. Terbukti, dari empat pasangan calon yang maju bursa pilkada setempat, di TPS khusus LP Ponorogo, Amin hanya mendapat satu suara.

    "Mungkin kurang sosialisasi atau juga karena DPT [daftar pemilih tetap] di TPS khusus lembaga pemasyarakat sedikit, hanya 24 orang sehingga tidak menjadi prioritas mereka," kat Dinar, salah seorang wartawan lokal Ponorogo.

    Hanya 24 Orang
    Suherman saat dimintai konfirmasi mengenai penyelenggaraan coblosan atau pemungutan suara di dalam rumah tahanan atau lembaga pemasyarakatan setempat mengatakan, mayoritas napi dan tahanan di dalam LP berasal dari luar Ponorogo. "Sebanyak 156 warga binaan lapas tidak bisa menyalurkan hak pilihnya karena bukan warga Ponorogo, sehingga mereka yang punya hak pilih hanya 24 orang," katanya.

    Minimnya pemilih membuat proses coblosan di TPS khusus tersebut berlangsung cepat. Petugas terlihat memanggil satu-persatu narapidana yang sudah dikumpulkan terlebih dahulu di sejumlah kursi yang disediakan di area TPS 8, sehingga warga binaan bisa menggunakan hak pilihnya sesuai dengan pilihannya masing-masing.

    Hanya 30 Menit
    Karena sangat kecilnya DPT sehingga proses pemungutan suara dan penghitungan menjadi cepat, hanya membutuhkan tidak lebih dari setengah jam saja. "Meski pemungutan suara yang dimulai 08.00 WIB dan berakhir pada pukul 08.30 WIB namun kami tetap mengikuti aturan jam penghitungan yang sudah ditentukan oleh KPU, yaitu pukul 13.00 WIB," ujarnya.

    Sebagaimana ketetapan KPU, DPT Pilkada Ponorogo sebanyak 765.573 orang yang tersebar di 307 desa/kelurahan dan 21 Kecamatan. Sementara pasangan calon yang maju ada empat, yakni pasangan nomor urut 1 Sugiri Sancoko-Sukirno, pasangan nomor urut 2 Amin-Agus Widodo, pasangan nomor urut 3 Misranto-Isnen Supriyono, dan pasangan nomor urut 4 Ipong Muclissoni-Sujarno.

     

    KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya
    KLIK di sini untuk mengintip Kabar Sragen Terlengkap



    Editor : Rahmat Wibisono

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.