Hindari Minuman Ini Kalau Tak Mau Gemuk

Beberapa jenis minuman bisa membuat kegemukan bila dikonsumsi rutin dan berlebihan.

Hindari Minuman Ini Kalau Tak Mau Gemuk Ilustrasi--kegemukan. (freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Salah satu faktor penyebab kegemukan adalah asupan kalori yang lebih banyak  ketimbang yang dibakar oleh tubuh. Kalori ini tidak hanya didapat dari makanan, namun juga minuman.

    Ada beberapa jenis minuman yang apabila dikonsumsi secara berlebihan atau terus menerus akan menyebabkan kegemukan yang berujung timbulnya gangguan kesehatan. Misalnya obesitas, diabetes tipe 2, hingga penyakit jantung dan stroke.

    Berikut daftar minuman yang bikin gemuk, seperti dikutip madiunpos.com dari detik.com:

    1. Soda

    Minuman bersoda. (freepik)

    Minuman ini mengandung asam fosfat yang bersifat menimbun lemak dalam tubuh. Ketika terlalu banyak mengonsumsi soda, tubuh otomatis akan menggemuk. Selain kandungan asam fosfat, soda juga terbuat dari pemanis buatan. Artinya jumlah karbohidrat yang terkandung dalam minuman tersebut tinggi dan bisa berdampak pada berat badan.

    2. Jus Smoothies

    Jus smoothie. (freepik)

    Jus dari buah-buahan memang diketahui banyak mengandung manfaat dan vitamin. Namun sayang, minuman tersebut biasanya diolah bersama susu atau yoghurt sehingga kalori yang terkandung tinggi. Kalori yang tinggi diketahui berasal dari gula pemanis di dalam susu atau yoghurt. Maka dari itu, jus smoothies menjadi minuman yang bikin gemuk cepat.

    3. Susu Cokelat

    Susu cokelat. (freepik)

    Walaupun memiliki rasa yang enak, susu ternyata memiliki kalori yang tinggi dan menjadi minuman yang bikin gemuk. Terlebih, susu cokelat yang diketahui mengandung kalori dan lemak jauh lebih tinggi dibandingkan minuman yang lain.

    Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba susu rendah lemak atau susu kacang yang memiliki kalori lebih rendah untuk jadi minuman yang bikin kurus.

    4. Alkohol

    Minuman beralkohol. (freepik)

    Minuman beralkohol ternyata memiliki kalori mencapai 120 kkal per botolnya. Selain itu, minuman ini juga tidak memiliki kandungan nutrisi sehingga bisa menjadi tumpukan lemak dalam tubuh.

    5. Minuman Berenergi

    Minuman berenergi. (freepik)

    Walaupun memiliki rasa dan manfaat untuk menambah energi para peminumnya, cairan ini ternyata mengandung gula dan kafein yang tinggi. Kandungan tersebut bila tidak dimanfaatkan secara maksimal bisa mengendap menjadi lemak di dalam tubuh. Akibatnya, tubuh akan menjadi gemuk.

    6. Kopi Kekinian

    Kopi kekinian. (freepik)

    Siapa yang tidak menyukai kopi? Apalagi saat ini ada berbagai macam jenis kopi kekinian yang sangat memikat dari segi rasa dan juga bentuk. Kopi kekinian biasanya menggunakan campuran lain untuk resepnya, seperti susu, whipped cream, gula, hingga sirup. Maka dari itu, perhatikan betul kandungan kopi yang ingin kamu konsumsi ya.

    7. Minuman Kemasan

    minuman dalam kemasan. (freepik)

    Minuman yang bikin gemuk terakhir adalah kemasan. Biasanya, cairan tersebut melewati banyak proses hingga akhirnya diedarkan ke masyarakat. Untuk mencapai rasa yang pas dan tahan lama, minuman kemasan biasanya menggunakan pengawet hingga gula yang tinggi. Nah, jangan lupa perhatikan minuman apa yang akan dikonsumsi ya.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.