Hore! Ada 23 Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2021

Kesepakatan itu ditetapkan melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2021 yang telah ditandatangani oleh tiga menteri yaitu Menag, Menaker, dan Menpan-RB.

Hore! Ada 23 Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2021 Ilustrasi kalender (Detik-Fuad Hasim)

    Madiunpos.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy dan lima kementerian menyepakati dan menetapkan hari libur nasional dan cuti bersama tahun 2021. Pada tahun depan total libur nasional dan cuti bersama berjumlah 23 hari.

    Kesepakatan dan penetapan itu dilakukan Menko PMK bersama Menteri Tenaga Kerja (Menaker) Ida Fauziyah, Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Wishnutama Kusubandio, dan Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi.  Menteri PAN-RB diwakili oleh Deputi Bidang Kelembagaan dan Tata Laksana.

    Kesepakatan itu ditetapkan melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2021 yang telah ditandatangani oleh tiga Menteri yaitu Menag, Menaker, dan Menpan-RB.

    Madiun Oranye, 6 Daerah di Jatim Zona Merah Covid-19

    “Ada sedikit perubahan dari yang sudah direncanakan. Untuk libur Idul Fitri yang rencana dimulai tanggal 10,11, 12, 13, 14, 15, 17 digeser mulai 12,13, 14, 17, 18, 19 Mei. Jadi cuti bersama dalam rangka Idul Fitri 2021 menjadi tgl 12, 17, 18, dan 19 Mei. Sementara itu untuk Natal ada tambahan cuti bersama di tanggal 27 Desember dari semula hanya tanggal 24 Desember. Sehingga total libur nasional dan cuti bersama di 2021 menjadi 23 hari,” papar Menko PMK saat memimpin Rapat Tingkat Menteri Penetapan dan Penandatanganan SKB Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama Tahun 2021 yang digelar virtual, Kamis (10/9/2020), dikutip dari laman resmi Kemenko PKM.

     

    Berbagai Pertimbangan

    Muhadjir Effendy menjelaskan penetapan hari libur nasional dan cuti bersama 2021 didasari atas berbagai pertimbangan. Mulai dari pengaturan arus lalu lintas jelang dan setelah libur panjang di hari raya hingga peluang meningkatnya pendapatan ekonomi daerah maupun negara dari sektor pariwisata.

    72 Cakada Dapat Teguran Keras Mendagri, 3 dari Jawa Timur

    “Saya harap ini bisa dijadikan pedoman untuk kita semua. Naskah SKB bisa ditandatangani atas perbaikan hasil rapat kita pada hari ini,” pungkas Muhadjir.

    Lebih lanjut, Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi segera merevisi Permenpan-RB yang disesuaikan dengan hasil keputusan rapat. Khusus untuk aparatur sipil negara (ASN) akan dibuat aturannya melalui keputusan presiden (Keppres), sementara Kemenaker juga akan menerbitkan surat edaran tentang pelaksanaan cuti bersama di sektor swasta.

    Tuntut Menteri Agama Mundur, Umat Islam Klaten Longmarch Masjid Al Aqsha-Kantor Kemenag



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.