HUT KABUPATEN KEDIRI : Rayakan Hari Jadi, 1.212 Pelajar Kediri Menari Bersama

HUT KABUPATEN KEDIRI : Rayakan Hari Jadi, 1.212 Pelajar Kediri Menari Bersama Pelajar memeragakan tari Umbul-umbul Panji Gumilang secara kolosal di area monumen Simpang Lima Gumul, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Kamis (24/3/2016). Acara yang melibatkan 1.212 pelajar sekolah dasar tersebut sebagai peringatan Hari Jadi ke-1.212 Kabupaten Kediri sekaligus mengampanyekan ke dunia luar bahwa Kediri merupakan Bumi Panji. (JIBI/Solopos/Antara/Prasetia Fauzani)

    HUT Kabupaten Kediri diperingati dengan berbagai kegiatan salah satunya tari kolosal.

    Madiunpos.com, KEDIRI -  Peringatan hari lahir ke-1.212 Kabupaten Kediri, Jawa Timur, diwarnai atraksi tari tradisional oleh ribuan siswa sekolah dasar (SD), di area Simpang Lima Gumul (SLG) Kediri, Kamis (24/3/2016).

    Komponis tarian kolosal Sugeng mengemukakan anak-anak yang mengikuti tarian kolosal itu berasal dari sekolah di seluruh Kabupeten Kediri.

    "Tema tari kolosal itu adalah Sang Panji. Mereka sengaja dilatih tari tradisional sebagai salah satu cara mengenalkan sejarah Kabupaten Kediri. Cerita Panji sangat melegenda dan lekat dengan Kediri," kata dia, Kamis.

    Sugeng mengatakan dengan mengenalkan sejarah Kabupaten Kediri lewat tarian, mereka diharapkan bisa melestarikan tarian tradisional. Mereka juga bisa melakukan latihan dengan teman-teman mereka di sekolah, sehingga semua anak akan bisa mengenal tarian ini.

    Dalam tarian kolosal itu, ada sebanyak 1.212 anak yang dilibatkan. Mereka mengenakan atribut baju tradisional lengkap serta memegang sebuah bendera.

    Selain anak-anak, sebelum tarian kolosal itu, sejumlah penari yang terdiri dari anak-anak SMA juga melakukan atraksi. Mereka memeragakan Legenda Panji yaitu mulai dari Kleting Kuning, Merah, Hijau, Yuyu Kangkang, dan Panji Asmorobangun yang terbagi menjadi 10 kelompok penari.

    Sementara itu, kegiatan itu dihadiri muspida Kabupaten Kediri serta berbagai tamu undangan lainnya. Bupati Kediri Haryanti mengatakan tarian kolosal ini adalah satu dari beragam kegiatan yang disiapkan pemerintah.

    "Agendanya banyak, ada tarian kolosal, festival, pasar rakyat. Kami ingin warga di Kabupaten Kediri ikut merasakan hari lahir kabupaten," kata Bupati.

    Pemkab Kediri memang menyiapkan beragam kegiatan dalam peringatan hari lahir ini. Selain tarian kolosal, juga ada pemeran UMKM, pameran benda pusaka, festival buah, dan beragam kegiatan lainnya.

    Ia berharap dengan usia yang sudah 1.212 itu, Kabupaten Kediri menjadi lebih baik dan maju di semua lini. Pemerintah juga berharap berbagai sektor baik pariwisata, pertanian juga semakin berkembang.



    Editor : Rohmah Ermawati

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.