INFRASTRUKTUR TULUNGAGUNG : Pelebaran Jalan Tulungagung-Kediri Digelontor Rp5 Miliar

INFRASTRUKTUR TULUNGAGUNG : Pelebaran Jalan Tulungagung-Kediri Digelontor Rp5 Miliar Foto Ilustrasi JIBI/Harian Jogja/Antara

    Infrastruktur Tulungagung ini terkait pelebaran jalan nasional Tulungagung-Kediri.

    Madiunpos.com, TULUNGAGUNG - Anggaran sekitar Rp5 miliar siap dikucurkkan untuk melebarkan jalan nasional Tulungagung-Kediri di titik ruas Kecamatan Ngantru, Tulungagung, Jawa Timur. Pekerjaan pelebaran jalan nasional diproyeksikan sepanjang 4,7 kilometer mulai perbatasan kota hingga Jembatan Ngantru.

    Konsultan proyek Herman Sanyoto di Tulungagung, Rabu (18/5/2016), menerangkan aktivitas pelebaran telah dilakukan pada sisi barat badan jalan mulai perbatasan Tulungagung-Kediri hingga rumah pribadi Bupati Tulungagung Sahri Mulyo.

    "Pelebaran ini dilakukan bertahap. Di wilayah Kediri pada jalur yang sama kegiatan pelebaran sudah dilakukan sejak dua tahun terakhir," ujar Herman.

    Dia menyebut kendati jangka waktu pengerjaan proyek berlangsung hingga akhir Desember, arus lalu lintas dipastikan tidak akan terganggu saat Lebaran mendatang. Sesuai target, aktivitas pelebaran jalan raya Tulungagung-Kediri sudah rampung sebelum H-7 Lebaran.

    "Targetnya dilebarkan dulu ruas sirip jalan utama dengan material timbun pilihan yang dipadatkan. Pengaspalan dilakukan setelah Lebaran hingga akhir Desember," ujar dia.

    Herman menjelaskan dalam proses pelebaran jalan nasional sengaja tidak langsung dilakukan pengaspalan hotmix, melainkan dengan terlebih dulu membuat fondasi.

    Teknisnya, kata dia, sisi kanan dan kiri jalan utama dikeruk sedalam 75 centimeter dan lebar masing-masing 3,75 meter untuk selanjutnya ditutup dengan material timbun pilihan yang berlapis dan dipadatkan menggunakan alat berat jenis vibro.

    "Total lebar jalan nantinya sekitar 14 meter, sedangkan panjang jalan yang dilebarkan sekitar empat kilometer lebih. Ini proyek APBN dan kami terus bekerja maksimal," ujar dia.



    Editor : Rohmah Ermawati

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.