Ini Kesalahan Umum WFH Yang Bisa Bikin Mental Terganggu

Ada kesalahan terbesar saat kita melakukan WFH yang bisa mengganggu mental.

Ini Kesalahan Umum WFH Yang Bisa Bikin Mental Terganggu Ilustrasi work from home. (freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Bagi sebagian orang, bekerja dari rumah atau work from home alias WFH bisa jadi berkah. Kita tak perlu berjibaku dengan kemacetan perjalanan dari rumah menuju kantor. Atau harus berdesakan di angkutan umum.

    Namun bagi sebagian lainnya, WFH mungkin dirasa tak senyaman di kantor. Karena ada saja gangguan saat bekerja di rumah.

    Mengesampingkan itu semua, WFH ternyata bisa memiliki dampak negatif pada kesehatan mental kita. Apalagi setelah hampir dua bulan terisolasi di rumah.

    #Kamis Misteri : 6 Bau Ini Jadi Tanda Keberadaan Makhluk Halus di Sekitarmu

    Salah satu risiko yang bisa muncul ialah burnout atau stres saat bekerja bisa terjadi. Menurut Laura Mae Martin, pakar produktivitas Google, ada satu kesalahan terbesar yang bisa dilakukan saat WFH oleh para pekerja.

    Seperti dilansir suara.com, kesalahan terbesar tersebut adalah menganggap kita bekerja seharian dan tidak menetapkan waktu bekerja. Seharusnya, kita menganggap pekerjaan kita sebagai "tamu" di dalam rumah.

    "Saat kita 'mengundang' pekerjaan kita ke rumah, anggaplah itu sebagai tamu," katanya dalam Online Sharing with Laura, Kamis (14/5/2020).

    Situs Ini Bisa Mengecek Kamu Sudah Siap Nikah Atau Belum

    "Anda mengundang tamu ke dalam rumah Anda, dan tamu Anda menginap di rumah selama beberapa bulan. Seperti itulah pekerjaan kita sekarang ini," sambungnya.

    Batasan WFH

    Laura mengatakan tentu tidak mungkin kita akan mengizinkan tamu di rumah kita untuk masuk ke dalam kamar kita atau selalu menemaninya sepanjang waktu dari pagi hingga malam hari.

    Tentunya, 'tamu' harus berada di kamar tamu, maka Laura menyarankan untuk menerapkan batasan bahwa bekerja harus memiliki ruang tersendiri dan tidak dibawa-bawa ke tempat lain.

    Tukang Cukur Keliling Pakai APD di Surabaya Curi Perhatian

    Dan hanya karena kita tidak banyak bergerak, bukan berarti kita tidak bisa meluangkan waktu untuk melakukan hal-hal lain di luar bekerja.

    Misalnya untuk membaca buku selama 30 menit sebelum waktu Anda bekerja. Atau melakukan hobi Anda yang lainnya.

    Laura mengingatkan bahwa hal ini penting, dan hindari setelah bangun tidur langsung bekerja. Lakukan rutinitas seperti biasa seperti kita hendak berangkat bekerja.

    "Lakukanlah rutinitas pagi Anda. Makan pagi, membaca buku, lalu baru mulai bekerja," pungkasnya.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.