Ini Nanda, Orangutan Penghuni Baru Taman Safari Prigen Pasuruan

Anak orangutan, Nanda, menjadi penghuni baru Taman Safari Prigen, Pasuruan.

Ini Nanda, Orangutan Penghuni Baru Taman Safari Prigen Pasuruan Anak orangutan di Taman Safari Prigen Pasuruan Jawa Timur (Antara Jatim/Taman Safari Prigen/IS)

    Madiunpos.com, PASURUAN -- Anak orangutan, Nanda, menjadi penghuni baru Taman Safari Prigen, Pasuruan. Ia dilahirkan dari induk betina Naning, 40, dan pejantan Bima, 27, hasil pengembangbiakan taman safari setempat.

    Nanda dilahirkan secara normal pada 11 Maret 2020. Kelahiran anak orangutan ini menjadi kabar menggembirakan pada peringatan Hari Orangutan Sedunia pada 19 Agustus.

    "Kondisi saat ini dalam keadaan sehat dan dirawat oleh induknya. Bayi orangutan terpantau menyusu dalam kurun waktu dua jam dan beraktivitas secara normal di exhibit-nya," kata Dokter hewan Taman Safari Prigen, drh Nanang Tedjo Laksono, seperti dilansir Antara, Rabu (19/8/2020).

    Tak hanya itu, perawatan juga diberikan kepada Naning yang sedang menyusui anaknya. Dokter hewan setempat memberikan suplemen penambah air susu yakni moloco.

    Pelatihan Kerja di BLK Wonojati Malang Kembali Dibuka Meski Masih Pandemi

    "Hadirnya Nanda merupakan salah satu bukti di antara sederet satwa-satwa lainnya yang berhasil dikembangbiakkan. Apalagi untuk orangutan yang sudah termasuk ke dalam zona merah, yang artinya terancam punah. Bahkan, secara global populasi orangutan mengalami penurunan secara signifikan," tutur Nanang.

    Taman Safari Prigen juga rutin mengevaluasi kesehatan semua satwa setiap bulan. Bertambahnya Nanda, maka jumlah orangutan yang menghuni lembaga konservasi itu mencapai 22 ekor.

    "Sebagai lembaga konservasi, tentu saja menjaga populasi satwa yang terancam punah menjadi salah satu kewajiban Taman Safari Prigen. Namun tentunya kegiatan konservasi ini tak bisa begitu saja dijalankan tanpa adanya bantuan dari segala lapisan masyarakat," ujar dia.

    Nahas, Anak Balita di Ngawi Tewas Saat Bermain Bersama Kakak di Sungai



    Editor : Cahyadi Kurniawan

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.