Jangan Anggap Sepele, Karang Gigi Dapat Timbulkan Sakit Gigi

Karang gigi merupakan lapisan yang terisi bakteri yang jika dibiarkan akan menumpuk dan mengakibatkan gigi berlubang.

Jangan Anggap Sepele, Karang Gigi Dapat Timbulkan Sakit Gigi Ilustrasi sakit gigi. (detik.com)

    Madiunpos.com, MADIUN – Sakit gigi adalah kondisi ketika muncul rasa nyeri di dalam atau di sekitar gigi dan rahang. Tingkat keparahan nyeri tersebut bisa bervariasi, mulai dari ringan hingga berat, sakit gigi bisa terasa secara terus-menerus. Bisa juga hilang kemudian timbul lagi.

    Jika segera mendapatkan pengobatan, sakit gigi tidak akan menimbulkan nyeri yang mengganggu. Namun, kebanyakan orang membiarkan kondisi ini berlarut-larut tanpa melakukan tindakan penanganan, sampai akhirnya sakit gigi sudah cukup parah. Padahal jika dibiarkan, sakit gigi pun bisa memicu sederet komplikasi kesehatan.

    Sakit gigi memang bisa terjadi karena berbagai penyebab. Dilansir dari halodoc.com Senin (5/10/2020), masalah gusi, gigi yang sensitif atau benturan juga menjadi masalah sakit gigi.

    Viral, Bocah 5 Tahun Kemudikan Eskavator untuk Keruk Sungai

    Akan tetapi, penyebab sakit pada gigi dalam waktu lama yang paling sering ditemui adalah gigi berlubang yang terus dibiarkan tanpa dilakukan pengobatan. Lantas, mengapa gigi berlubang bisa memicu sakit gigi berkepanjangan?

    Gigi berlubang terjadi karena adanya karang pada gigi. Karang gigi ini merupakan lapisan yang terisi bakteri.

    Jika Anda tidak rutin membersihkan gigi, seperti menggosok gigi setelah makan dan sebelum tidur, karang akan semakin menumpuk. Lama-kelamaan, bakteri pada karang gigi ini akan merusak bagian lapisan gigi, sehingga mengakibatkan gigi berlubang.

    Kesenian Dongkrek, Tradisi Tolak Bala Warga Madiun Zaman Dahulu

    Bakteri yang terdapat pada plak gigi akan merusak lapisan gigi secara bertahap. Jika tidak segera ditangani, kondisi ini akan terjadi masalah di gigi seperti:

    1. Kerusakan Enamel (lapisan gigi paling luar)

    Bakteri akan merusak enamel gigi. Pada fase ini, Anda belum merasakan sakit, tetapi sudah mulai terdapat lubang kecil pada gigi. Biasanya, Anda akan merasa makanan akan sering tersangkut pada sela gigi.

    1. Kerusakan Dentin (lapisan gigi kedua)

    Setelah merusak enamel, bakteri akan merusak lapisan dentin atau lapisan gigi yang paling sensitif. Jika lubang pada gigi telah sampai pada lapisan dentin, Anda sudah mulai merasa sakit, terlebih ketika mengunyah makanan atau mengkonsumsi makanan panas maupun dingin.

    Jatuh di Kamar Mandi, TKI asal Sragen Meninggal Dunia di Korsel

    1. Kerusakan Pulpa (saraf gigi)

    Lubang yang semakin besar dan terus dibiarkan lama-lama akan semakin luas dan menyerang lapisan pulpa atau saraf gigi. Apabila fase ini sudah terjadi, infeksi yang menyerang gigi bisa menimbulkan rasa sakit yang parah.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.