Jangan Berlebihan, Ini Bahaya Terlalu Sering Olahraga

Olahraga memang baik untuk kesehatan. Tetapi terlalu banyak olahraga juga kan berdampak buruk bagi kesehatan

Jangan Berlebihan, Ini Bahaya Terlalu Sering Olahraga Ilustrasi kelelahan setelah berolahraga. (freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN – Olahraga dapat memberikan banyak manfaat. Manfaat nya bagi kesehatan pun beragam, mulai dari menjaga berat badan, meningkatkan stamina dan kebugaran tubuh, hingga mencegah penyakit seperti jantung.

    Banyak orang yang berolahraga secara berlebihan agar target atau tujuannya cepat tercapai. Padahal, itu adalah cara yang salah. Olahraga memang penting untuk dilakukan. Namun, bukan berarti Anda harus berolahraga secara berlebihan.

    Olahraga terlalu keras justru bisa menjadi ancaman bagi kesehatan. Ada dampak jangka panjang dan juga jangka pendek yang Anda rasakan. Berikut ini dampak buruk terlalu sering olahraga bagi kesehatan dilansir dari detik.com pada Rabu (16/12/2020).

    Ngeri! 48 Kambing di Kuningan Mati Misterius

    1. Kelelahan

    Olahraga secara berlebihan tidak hanya menurunkan performa, tetapi juga dapat membuat Anda merasa lelah sepanjang waktu. Bahkan jika tidur nyenyak selama 7 hingga 8 jam di malam hari dan memiliki sarapan yang sehat, Anda akan tetap merasa lelah.

    Perlu dipahami keterbatasan Anda dan memberikan waktu yang cukup untuk tubuh di antara sesi istirahat. Terlalu banyak olahraga akan memaksa tubuh melepaskan hormon stres yang lama-kelamaan bisa membuat merasa lelah.

    1. Kinerja akan menurun

    Saat Anda terlalu keras olahraga, otot menjadi tegang. Ini secara bertahap menurunkan tingkat kinerja Anda di lapangan. Jika sebelumnya Anda dapat menempuh 1 kilometer dalam 5 menit, latihan berlebihan dapat menambah batas waktu. Ini mungkin membuat Anda sedikit frustasi, tetapi satu-satunya solusi adalah memberi tubuh istirahat di antara sesi latihan.

    Pergoki Restoran Jorok, Driver Ojek Online Tuai Kontroversi

    1. Meningkatkan risiko cedera

    Jika Anda adalah seorang yang tidak terbiasa dengan olahraga intens, maka jangan memaksakannya. Dengan bersikap terlalu keras pada diri sendiri, Anda akan meningkatkan kemungkinan cedera.

    Nyeri otot, ketegangan sendi, dan nyeri punggung adalah beberapa cedera olahraga umum yang mungkin membuat Anda harus beristirahat selama beberapa minggu.

    1. Insomnia

    Berolahraga dalam jumlah sedang membantu merilekskan tubuh dan meningkatkan kualitas tidur. Tetapi memompa terlalu banyak zat besi di gym dapat membuat Anda gelisah di tempat tidur pada malam hari. Otot akan stres, dan Anda mungkin merasa sulit tidur.

    Menaker Berharap Program Bantuan Subsidi Upah Berlanjut di 2021

    1. Kesehatan mental terganggu

    Olahraga meningkatkan suasana hati Anda yang memicu pelepasan dopamin atau hormon bahagia. Tetapi olahraga berlebihan justru akan menimbulkan efek sebaliknya. Ini meningkatkan kadar kortisol dalam tubuh yang dapat menyebabkan perubahan suasana hati yang parah, stres kronis, cemas, depresi klinis, dan gangguan kesehatan mental lainnya.



    Editor : Haryono Wahyudiyanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.