KEBUTUHAN POKOK : Pemkab Ponorogo Gelar Operasi Pasar

KEBUTUHAN POKOK : Pemkab Ponorogo Gelar Operasi Pasar Ilustrasi aktivitas pedagang di pasar tradisional. (JIBI/Harian Jogja/Dok)

    Kebutuhan pokok di Ponorogo mengalami kenaikan dalam dua pekan terakhir, untuk itu pemerintah menggelar Operasi Pasar untuk menstabilkan harga.

    Madiunpos.com, PONOROGO — Pemerintah Kabupaten Ponorogo mulai menggelar Operasi Pasar di Pasar Songgolangit, Ponorogo, Jumat (27/5/2016). Operasi Pasar ini untuk menekan harga sejumlah kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan harga menjelan bulan Ramadan.

    Kabid Perdagangan Dinas Industri Perdagangan Koperasi dan UMKM Ponorogo, Winarno, mengatakan Operasi Pasar akan dilaksanakan selama 36 hari mulai Jumat (27/5/2016) hingga Jumat (1/7/2016). Sejumlah barang kebutuhan pokok yang dijual dalam Operasi Pasar itu meliputi beras, gula pasir, minyak goreng, dan tepung terigu.

    “Jadi Operasi Pasar ini akan dilakukan secara bergantian dari pasar ke pasar dengan radius 15 km. Selama 36 hari, Operasi Pasar akan digelar,” kata dia kepada wartawan, Jumat.

    Winarno mengatakan jumlah barang yang dijual di Operasi Pasar berbeda-beda. Untuk beras disediakan sebanyak 250 kg per hari dengan harga jual Rp8.700/kg. Untuk gula pasir disediakan sebanyak 850 kg/hari dengan harga gula pasir biasa senilai Rp11.750/kg dan gula pasir kemasan Rp12.750/kg. Minyak goreng disediakan 650 liter/hari dengan harga Rp11.300/liter. Sedangkan tepung terigu disediakan sebanyak 100 kg/hari dengan harga Rp7.200/kg.

    “Kegiatan Operasi Pasar ini merupakan instruksi langsung dari Gubernur Jawa Timur, Sukarwo. Operasi Pasar dilakukan secara serentak di seluruh kabupaten/kota se-Jatim,” ujar dia.

    Lebih lanjut, Winarno menyampaikan tujuan diselenggarakannya Operasi Pasar ini untuk menekan harga kebutuhan pokok yang saat ini mengalami kenaikan cukup tinggi. Selain itu, kegiatan ini juga untuk membantu warga tidak mampu untuk membeli kebutuhan pokok menjelang bulan Ramadan.

    “Masyarakat supaya bisa membeli barang kebutuhan pokok untuk persiapan puasa dan lebaran. Ini juga sebagai upaya menstabilkan harga kebutuhan pokok yang saat ini mulai mengalami kenaikan yang cukup tinggi,” jelas dia.

    Seperti diberitakan sebelumnya, harga sejumlah barang kebutuhan pokok di Ponorogo mengalami kenaikan cukup tinggi dua pekan terakhir. Kenaikan harga paling tinggi yaitu gula pasir yang mencapai Rp16.500/kg.
    .



    Editor : Rini Yustiningsih

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.