Kenali Makanan yang Berkhasiat Mengencerkan Darah

Ada sejumlah makanan yang berkhasiat mengencerkan darah.

Kenali Makanan yang Berkhasiat Mengencerkan Darah Rempah-rempah. (freepik)

    Madiunpos.com, MADIUN -- Banyak orang tidak merasakan gejala darah kental sampai mengalami pembekuan darah. Bekuan darah biasanya terjadi di pembuluh darah.

    Ini bisa menyebabkan rasa sakit dan memengaruhi sirkulasi di dalam dan sekitar area di mana pembekuan terjadi. Ada sejumlah gejala darah kental yang bisa terjadi. Seperti penglihatan kabur, pusing, kulit mudah memar, pendarahan menstruasi yang berlebihan pada wanita, dan asam urat. Gejala lainnya bisa berupa sakit kepala, tekanan darah tinggi, kulit gatal, kekurangan energi dan sesak napas.

    Secara umum, pengentalan darah adalah proses yang terjadi secara normal saat tubuh mengalami luka. Pada orang dengan hiperkoagulabilitas, darah bisa membeku meski tidak mengalami luka. Penyebab darah kental merupakan akibat dari kelainan atau gangguan dari proses pembekuan darah.

    Meski Belum Ada Bukti Obati Corona, Eucalyptus Kaya akan Khasiat Kesehatan

    Ada jenis makanan tertentu yang bisa bertindak sebagai pengencer darah alami. Pengencer darah alami adalah zat yang mengurangi kemampuan darah untuk membentuk gumpalan. Konsumsi makanan-makanan ini tidak boleh dibarengi dengan konsumsi obat pengencer darah. Berikut makanan pengencer darah yang bisa dikonsumsi, seperti dikutip Madiunpos.com dari liputan6.com:

    Kunyit

    Kurkumin dalam kunyit memiliki sifat anti inflamasi dan pengencer darah atau antikoagulan. Senyawa ini bekerja untuk menghambat komponen faktor pembekuan untuk mencegah pembentukan gumpalan.

    Jahe

    Jahe adalah bahan alami anti inflamasi yang dapat menghentikan penggumpalan dan pengentalan darah. Jahe mengandung salisilat yang dapat membantu mencegah stroke dan serangan jantung.

    Vitamin E

    Vitamin E mengurangi pembekuan darah dengan beberapa cara. Tubuh menggunakan vitamin E sebagai antioksidan untuk membantu melawan kerusakan sel. Vitamin E telah diteliti memiliki efek antikoagulan ringan. Ini sebabnya orang yang mengonsumsi obat pengencer darah disarankan untuk tidak mengonsumsi vitamin E.

    Katanya Bisa Cegah Corona, Ini Khasiat Rempah-Rempah

    Kayu manis

    Kayu manis juga bisa bertindak sebagai pengencer darah alami. Kayu manis juga dapat menurunkan tekanan darah dan meredakan peradangan yang disebabkan oleh artritis serta kondisi peradangan lainnya.

    Cabai rawit

    Cabai rawit tinggi salisilat dan dapat bertindak sebagai agen pengencer darah yang ampuh. Manfaat lain darai cabai rawit adalah menurunkan tekanan darah, meningkatkan sirkulasi, dan mengurangi sensasi nyeri.

    Bawang putih

    Bawang putih memiliki sifat antitrombotik yang membantu mengurangi pembentukan gumpalan darah. Bawang putih juga bisa membantu menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida darah. Ini dapat mengurangi risiko pembentukan plak dan penyakit jantung.

    PENGOBATAN HERBAL : Diunggah di Paguma, Khasiat Madu Bawang Lanang Bikin Penasaran

    Ginkgo biloba

    Ginkgo biloba merupakan herbal yang terkenal di Tiongkok. Tanaman ini kerap digunakan untuk gangguan darah dan memori. Ginkgo mengencerkan darah dan memiliki efek fibrinolitik.

    Nanas

    Nanas mengandung bromelain yang dapat membantu mengencerkan darah. Bromealin dapat memecah gumpalan darah dan mengurangi pembentukan gumpalan. Enzim ini juga juga memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat mencegah penyakit kardiovaskular dan tekanan darah tinggi.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.