KINERJA KEJATI JATIM 2014 : Uang Negara Rp26,7 Miliar Berhasil Diselamatkan

KINERJA KEJATI JATIM 2014 : Uang Negara Rp26,7 Miliar Berhasil Diselamatkan ilustrasi

    Kinerja Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Timur (Jatim) selama 2014 yang cukup berhasil ialah menyelamatkan uang negara senilai Rp26,7 miliar.

    Madiunpos.com, SURABAYA—Kepala Kejaksaan Tinggi Jatim Elvis Jhony mengatakan jumlah uang negara yang diselamatkan pada tahun ini lebih besar dibandingkan dengan tahun lalu dengan selisih Rp4 miliar lebih.

    "Penyelematan kerugian keuangan negara total sebesar Rp 26.753.733.923," kata Elvis kepada wartawan di kantor Kejati, Surabaya, sebagaimana diberitakan Kantor Berita Antara, Rabu (31/12/2014).

    Ia menerangkan, di bidang tindak pidana khusus (pidsus), untuk penyelidikan sebanyak 138 perkara yang naik ke penyidikan mencapai 119 perkara. Adapun yang sampai tahap penuntutan sebanyak 152 perkara (109 perkara dalam proses sidang) dan sudah dieksekusi sebanyak 177 perkara.

    "Capaian kinerja yang menonjol tahap penyidikan, melakukan penyidikan terhadap penjualan 15 kapal milik PT SBA yang diagunkan di Bank Mandiri, dan menetapkan 4 tersangka dengan potensi kerugian negara sebesar Rp 172 miliar," tuturnya.

    Penyidikan menonjol lainnya seperti, pungutan liar di UPT-UPT Kemetrologian Prov Jatim dalam setiap mengadakan penelitian, pengujian dan peneraan terhadap SPBU di Jatim sejak 2007 hingga 2012 dengan uang yang dikumpulkan mencapai sekitar Rp 3 miliar.

    "Melakukan operasi tangkap tangan terhadap 3 pegawai UPT Dinas Pendidikan Banyuwangi yang melakukan pungutan liar ke para kepala sekolah se Kecamatan Cluring," jelasnya.



    Editor : Aries Susanto

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.