LEBARAN 2016 : Jumlah Bus Balik Gratis Berkurang, Ini Alasan Pemkab Ponorogo

LEBARAN 2016 : Jumlah Bus Balik Gratis Berkurang, Ini Alasan Pemkab Ponorogo Petugas dari Dishubkominfo Ponorogo melakukan uji kelayakan bus di terminal Seloaji, Ponorogo, Selasa (28/6/2016). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

    Lebaran 2016 telah berlalu dan pemudik kembali ke perantauan.

    Madiunpos.com, PONOROGO - Pemerintah Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, hanya memberangkatkan 10 bus balik gratis jurusan Surabaya untuk melayani para pemudik pada Lebaran 2016 ini.

    Program itu diikuti total 580 warga urban asal Kota Reog yang merantau di Surabaya, Sidoarjo, Gresik, dan sekitarnya.

    Wakil Bupati Ponorogo Sudjarno seusai pelepasan 10 armada bus balik gratis di Ponorogo, Minggu (10/7/2016), mengatakan jumlah bus balik gratis memang tidak sebanyak bus mudik gratis sebelumnya yang berjumlah 27 bus.

    "Program layanan ini berlaku hanya untuk warga asli Ponorogo dan masih memiliki identitas kependudukan Ponorogo namun tinggal di Surabaya dan sekitarnya," kata dia.

    Ia beralasan jumlah bus mudik gratis berkurang karena tahun ini  layanan tersebut murni kebijakan daerah sementara saat mudik gratis lalu merupakan perpaduan program layanan Pemprov Jatim bersama Pemkab Ponorogo.

    "Ini semua untuk membantu warga Ponorogo yang ingin balik ke tempat kerjanya di Surabaya dan sekitarnya agar lebih aman dan nyaman," kata Sudjarno menjelaskan.

    Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Ponorogo Winarko Arief menjelaskan penyediaan bus balik gratis juga menyesuaikan peserta yang terdaftar sebelumnya.

    "Untuk balik gratis ini memang kita harus menentukan satu waktu, yaitu hari ini dengan tujuan Surabaya, sehingga dengan keberangkatan pagi ini, tidak akan khawatir kalau terlambat," kata dia.

    Winarko mengatakan sisa penumpang program balik gratis diberangkatkan menggunakan bus umum reguler dari Terminal Seloaji, Kota Ponorogo.

    Dia menguraikan Dishubkominfo Ponorogo mencatat penumpang mudik sebelum Lebaran mencapai 15.095 orang, sedangkan penumpang arus balik mencapai 8.616 penumpang, termasuk penumpang yang mengikuti program balik gratis dengan 10 bus.



    Editor : Rohmah Ermawati

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.