Lewat Agree Telkom Dukung Digitalisasi Pertanian PMO Kopi Nusantara

Agree diharapkan menjadi solusi dari sisi hulu, produksi, sampai hilir pertanian dan terbuka untuk berkolaborasi dengan seluruh stakeholder di pertanian.

Lewat Agree Telkom Dukung Digitalisasi Pertanian PMO Kopi Nusantara Melalui Agree, Telkom berkomitmen menciptakan ekosistem pertanian digital. (Istimewa-Telkom)

    Madiunpos.com, JAKARTA – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) melalui Leap-Telkom Digital menghadirkan Agree, layanan digital yang berperan dalam pengembangan ekosistem pertanian secara digital.

    Kehadiran Agree diharapkan menjadi solusi dari sisi hulu, produksi, sampai hilir pertanian dan terbuka untuk berkolaborasi dengan seluruh stakeholder di pertanian. Saat ini Agree tidak hanya bergerak di sektor pertanian, tapi juga sektor perikanan dan peternakan. Sudah lebih dari 45.000 petani dan lebih dari 100 perusahaan agribisnis tergabung dalam ekosistem Agree.

    Menteri BUMN Erick Thohir, pada Minggu 30 Januari 2022 melakukan kick off Project Management Office (PMO) Kopi Nusantara di Gudang Kopi PPI, Lampung. Dihadiri Pupuk Indonesia, IDFood, PTPN III Holding, BRI, Perhutani, Telkom, 175 petani, 50 pelaku usaha kopi, 5 BUMN, 2 Asosiasi Kopi (SCAI & SCOPI).

    Baca juga: Di Hadapan Mahasiswa Madiun, Erick Tohir Tegaskan Tak Segan-Segan Bersihkan BUMN Bermasalah

    PMO Kopi Nusantara yang terdiri dari BUMN, swasta nasional, asosiasi, dan lembaga research and development (R&D), diharapkan mampu mendorong kemajuan ekosistem industri kopi nasional. Juga mengakomodasi kepentingan pelaku bisnis kopi hingga mendorong industri kopi dalam negeri untuk berdaya saing global.

    Agree dalam hal ini akan dimanfaatkan BUMN untuk digitalisasi hulu – hilir komoditas kopi yang akan dimanfaatkan oleh PMO BUMN. Dalam hal ini BRI, PTPN III Holding, Pupuk Indonesia, IDFood, Perhutani, Pulitkoka, SCOPI, SCAI , Kolektor Kopi dan petani binaan.

    Layanan digital Agree dengan tambahan fitur traceability kolaborasi dengan Distrix Sigma menjadi nilai tambah bagi seluruh stakeholder. Karena menyediakan layanan track & trace pemprosesan kopi sehingga dapat meningkatkan value komoditas kopi baik di pasar domestik maupun global.

    Baca juga: 2 Siswa SMP Bernardus Madiun Positif Covid-19, PTM Dihentikan Sementara

    Komitmen Agree Telkom

    “Telkom siap mendukung pengembangan ekosistem pertanian yang menghubungkan seluruh stakeholder terkait menjadi sebuah ekosistem yang terintegrasi. Mulai petani, pemodal/funding, offtaker, asuransi, dukungan pemerintah dan instansi serta dan penyedia teknologi. Dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan petani dan menambah value bagi BUMN dan industri," jelas Direktur Digital Business Telkom, Muhamad Fajrin Rasyid

    Melalui Agree, Telkom berkomitmen menciptakan ekosistem pertanian digital yang terhubung dari hulu ke hilir dan mudah dalam traceability. Dengan demikian, hal ini dapat mendukung bangsa Indonesia dalam menciptakan satu data pertanian dan literasi digital bagi sektor pertanian hulu ke hilir.

    Agree merupakan bagian dari Leap yakni umbrella brand produk dan layanan digital Telkom untuk mengakselerasi digitalisasi masyarakat Indonesia. Dengan adanya Leap, diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekosistem digital di Indonesia demi mengakselerasi terwujudnya kedaulatan digital nasional. Ini sejalan dengan target pemerintah dalam beberapa tahun mendatang. Untuk informasi lebih lanjut, dapat mengakses https://leap.digitalbisa.id/.

     

     



    Editor : Arif Fajar Setiadi

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.