LONGSOR MADIUN : Tebing Longsor di Lereng Wilis Ancam Rumah Warga

LONGSOR MADIUN : Tebing Longsor di Lereng Wilis Ancam Rumah Warga Seorang tentara mengamati tebing yang longsor di lereng Gunung Wilis, wilayah Kabupaten Madiun, Kamis (21/1/2016). (JIBI/Solopos/Antara/Siswowidodo)

    Longsor Madiun terjadi di lereng Gunung Wilis dan dikhawatirkan mengancam rumah warga rumah warga.

    Madiunpos.com, MADIUN — Tebing setinggi 75 m di lereng Gunung Wilis longsor dan mengancam rumah milik Menan, 54, warga Desa Mendak, Kecamatan Dagangan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur.

    Menan mengatakan tebing yang berada di belakang rumahnya tersebut dua kali longsor, Rabu (20/1/2016). "Longsor pertama tejadi pada Rabu sore selebar tiga meter dan tinggi enam meter. Kemudian, pada Rabu malam saat hujan deras mengguyur wilayah Mendak, longsor susulan yang lebih besar terjadi dan menimbun halaman belakang rumah saya," ujar Menan di Madiun, Kamis (21/1/2016).

    Karena takut terjadi hal-hal yang membahayakan, ia dan keluarganya mengungsi ke rumah kerabatnya sejak Kamis pagi. Ia takut, struktur tanah tebing yang labil akan runtuh dan mengenai bangunan rumahnya.

    Kepala BPBD Kabupaten Madiun, Edi Hariyanto, mengatakan pihaknya bersama TNI dan Polri telah melakukan peninjauan ke lokasi tebing longsor Madiun itu. Ia mengimbau warga untuk waspada saat musim penghujan karena sejumlah wilayah rawan longsor.

    "Desa Mendak merupakan daerah yang rawan terjadi bencana tanah longsor. Hal itu dikarenakan struktur tanahnya labil. Selain itu, bangunan rumah warga yang berada di atas tebing atau di bawah tebing, membuat sangat rawan terkena longsor," kata Edi.

    Kawasan Rawan Longsor
    Data BPBD Kabupaten Madiun menyebutkan ada 21 desa di lima kecamatan kabupaten setempat yang rawan terdampak bencana alam tanah longsor selama musim hujan berlangsung. "Desa yang rawan longsor tersebut terdapat di lereng Gunung Wilis. Di antaranya di Kecamatan Dagangan, Kare, Gemarang, Wungu, dan Saradan," kata dia.

    Ke-21 desa tersebut antara lain, Kecamatan Dagangan (Desa Mendak, Tileng, Padas, Nganget, Segulung, dan Ketandan), Kecamatan Wungu (Desa Kresek), Kecamatan Kare (Desa Bodag, Kare, Randualas, Bolo, Kepel, Cermo). Kemudian, Kecamatan Gemarang (Desa Winong, Batok, Durenan, Tawangrejo, Gemarang, Nampu), serta Kecamatan Saradan (Desa Sumberbendo dan Klangon).

    Sepanjang tahun 2012, BPBD Kabupaten Madiun telah menangani sebanyak 10 kasus bencana tanah longsor. Jumlah tersebut naik pada tahun 2013 yang mencapai 16 kali longsor.

    Waspadai Banjir Bandang
    Sepanjang tahun 2014, BPBD telah menangani enam kali longsor. Sedangkan pada tahun 2015 terjadi banjir bandang dan longsor besar di wilayah Kecamatan Dagangan.

    Banjir bandang terjadi di Desa Segulung dan Joho, sementara longsor terjadi di Desa Mendak dan Tileng. Dua warga tewas, belasan rumah rusak, dan puluhan ternak hilang akibat bencana tersebut.

    "Warga yang berdomisili di wilayah rawan diimbau untuk selalu waspada. Terlebih saat hujan deras turun di wilayah setempat," kata dia.

     

    KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya
    KLIK di sini untuk mengintip Kabar Sragen Terlengkap



    Editor : Rahmat Wibisono

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.