LONGSOR PONOROGO : Jalan Utama Desa Talun Tertutup Material Longsor

LONGSOR PONOROGO : Jalan Utama Desa Talun Tertutup Material Longsor Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/Dok)

    Longsor Ponorogo, tanah longsor menutup jalan utama di Desa Talun, Kecamatan Ngebel.

    Madiunpos.com, PONOROGO -- Jalan utama di Desa Talun, Kecamatan Ngebel, Kabupaten Ponorogo, terputus lantaran tertutup material longsoran, Selasa (28/2/2017). Akibatnya, warga harus memutar arah saat hendak masuk atau keluar dari desa tersebut.

    Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ponorogo, Setyo Budiono, mengatakan hujan deras mengguyur wilayah Kecamatan Ngebel, Senin (27/2/2017) malam dan menyebabkan tebing longsor.

    Akibatnya, material longsoran menutup jalan utama di desa tersebut. "Jalan yang tertutup material longsoran sepanjang 25 meter," kata dia kepada wartawan, Selasa.

    Dia menuturkan material longsoran berupa tanah dan bebatuan menutupi jalan sehingga kendaraan tidak dapat melintasi jalan tersebut. Bagi warga yang ingin bepergian bisa melalui jalan alternatif yang ada di desa itu.

    Selain menyebabkan jalan penghubung desa terputus, tanah longsor juga mengakibatkan satu rumah milik warga bernama Siman di Desa Talun rusak tertimpa material longsoran. "Kondisi rumah yang rusak itu saat ini dalam posisi menggantung," ujar dia.

    Lebih lanjut, Budi menuturkan di Desa Talun memang kerap terjadi tanah longsor karena kondisi geografis dan intensitas hujan yang tinggi. Saat hujan turun membuat tanah di desa itu menjadi gembur sehingga menyebabkan longsor.

    Dia mengimbau kepada warga di sekitar Talun untuk waspada saat terjadi hujan deras dalam waktu cukup lama. Sejumlah petugas BPBD beserta warga setempat bergotong royong untuk membersihkan material longsoran yang menutup jalan tersebut dan merusak rumah.



    Editor : Rohmah Ermawati

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.