Makam Gus Sholah di Samping Makam Ayahnya

Jenazah Gus Sholah berada di kompleks Pondok Pesantren Tebu Ireng Jombang

Makam Gus Sholah di Samping Makam Ayahnya KH. Salahuddin Wahid.(Antara)

    Madiunpos.com, JOMBANG -- Jenazah KH. Salahuddin Wahid (Gus Sholah) akan dimakamkan di permakaman yang satu kompleks dengan Pondok Pesantren Tebu Ireng Jombang.

    Makamnya akan bersebelahan dengan makam ayahnya, KH Wahid Hasyim, dan tak jauh dari makam kakaknya, KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

    Mengutip detik.com,  Senin (3/2/2020) kompleks makam keluarga Pondok Pesantren Tebuireng ini berada di belakang masjid pondok. Sekitar 10 orang tampak menggali liang lahat untuk Gus Sholah.

    Liang lahat ini persis di sebelah utara makam KH Wahid Hasyim, ayah Gus Sholah yang merupakan Menteri Agama pertama Indonesia. Sementara di sebelah timurnya terdapat makam Presiden Keempat RI KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dan salah satu tokoh pendiri NU KH Hasyim Asy'ari.

    Pengurus Ponpes Tebuireng Jombang, KH Fahmi Amrullah, mengatakan titik liang lahat Gus Sholah di makam keluarga Gus Dur ditentukan melalui musyawarah keluarga.

    "Setelah kami lihat yang memungkinkan itu di sebelah baratnya Gus Dur. Satu setengah meter di sebelah barat makamnya Gus Dur," kata Fahmi kepada wartawan di lokasi.

    Ia menambahkan, sebelum wafat, Gus Sholah tidak pernah berpesan terkait pemakamannya.

    "Yang jelas keluarga tidak pernah mendapatkan pesan atau wasiat dari beliau," terangnya.

    Gus Sholah Wafat di RS Jantung Harapan Kita, Jakarta pada Minggu (2/2/2020) sekitar pukul 20.55 WIB. Mantan Wakil Ketua Komnas HAM itu sempat kritis setelah menjalani operasi jantung, Jumat (31/1).

    Adik kandung Gus Dur ini merupakan pengasuh Ponpes Tebuireng Jombang. Jenazahnya akan dimakamkan di pemakaman keluarga yang ada di dalam pesantren tersebut pada Senin (3/2) pukul 16.00 WIB.



    Editor : Kaled Hasby Ashshidiqy

    Get the amazing news right in your inbox

    Berita Terpopuler

    0 Komentar

    Belum ada komentar, jadilah yang pertama untuk menanggapi berita ini.

    Komentar Ditutup.